BMKG Ingatkan Banjir Rob dan Gelombang Tinggi di Wilayah Pesisir Ini
Ilustrasi gelombang tinggi (ANTARA)

Bagikan:

JAKARTA - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan prakiraan cuaca nasional untuk Senin 26 Februari 2024. Prakirawan Andika F Hapasari meminta masyarakat untuk waspada potensi banjir rob di wilayah pesisir ini.

Banjir rob adalah jenis banjir yang disebabkan oleh naiknya atau pasangnya air laut sehingga menuju ke daratan sekitarnya.

“Waspada potensi banjir rob di pesisir Sumatera Utara dan pesisir Karimun,” ujar Andika F Hapasari dalam siaran persnya.

Menurut Andika, cuaca di Indonesia umumnya masih terpengaruh kondisi siklonik yang terpantau di pesisir barat Australia bagian utara.

Kondisi siklonik tersebut membentuk daerah perlambatan kecepatan angin dan daerah pertemuan angin (konvergensi) di Samudra Hindia selatan Pulau Timor, dan Australia bagian utara.

“Kecepatan angin rata-rata berkisar 10 hingga 50 kilometer per jam. Tinggi gelombang antara 1,25 meter hingga 2,5 meter,” jelas Andika.

Sementara itu suhu udara di kota-kota besar Tanah Air berkisar antara 20 hingga 34 derajat celsius, dengan kelembapan udara 55 hingga 100%.