Momen Megawati Berselendang Merah Saat Nyoblos Bareng Keluarga
Presiden kelima RI sekaligus Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri (Rizky Adytia Pramana)

Bagikan:

JAKARTA - Presiden Kelima RI sekaligus Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri menggunakan hak pilihnya pada momen Pemilu 2024 di Tempat Pemungutan Suara (TPS) 053, Kebagusan, Jakarta Selatan.

Pantauan VOI, Megawati Soekarnoputri bersama keluarga tiba di TPS sekitar pukul 10.55 WIB. Ia didampingi putra-putrinya, M Prananda Prabowo dan Puan Maharani.

Mereka duduk di barisan depan menunggu namanya dipanggil petugas KPPS. Tak berselang lama, melalui pengeras suara, nama Megawati dipanggil.

Presiden kelima itupun maju ke depan meja petugas KPP untuk mengambil surat suara. Lalu, menuju ke bilik suara untuk menentukan pilihannya.

Beberapa menit berlalu, Megawati rampung menggunakan hak pilihnya. Dia sempat mengacungkan jari kelingking, tanda sudah menggunakan haknya sebagai warga negara.

Berdasarkan Daftar Pemilih Tetap (DPT), Megawati mendapat nomor urut 111.

"Nomor (urut) 111, HJ Megawati Taufiq," tulis DPT yang dikutip VOI, Rabu, 14 November.

Tak hanya Megawati, dalam DPT itu juga tertera nama Puan Maharani. Ketua DPR RI itu mendapat nomor urut 212.

"Nomor (urut) 212, Puan Maharani," tulisnya.

Setelah menggunakan hak pilih, Megawati akan memantau hasil hitung cepat bersama calon presiden dan wakil presiden Ganjar-Mahfud.

Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto mengatakan pemantauan hasil hitung cepat disebut merupakan tradisi yang biasa dilakukan Presiden ke-5 RI tersebut.

"Direncanakan nanti pak Ganjar, pak Mahfud setelah mencoblos di daerahnya masing-masing, kemudian nanti juga akan bergabung melakukan monitoring di Kebagusan," ujar Hasto.

"Dan kemudian baru dipusatkan di Teuku Umar di tempat posko pemenangan Ganjar-Mahfud," sambungnya.