Lesu Akibat Tol Trans Jawa, Anies Janji Hidupkan Lagi Perekonomian Jalur Pantura
Capres nomor urut 1, Anies Baswedan. (dok. Timnas AMIN)

Bagikan:

JAKARTA - Calon presiden nomor urut 1, Anies Baswedan menyoroti lesunya kegiatan perekonomian pada daerah-daerah yang terletak di sepanjang Jalur Pantura (Pantai Utara) akibat tol Trans Jawa yang melintang dari Banten hingga Jawa Timur.

"Kawasan Pantura adalah kawasan yang sangat terdampak dengan pembangunan tol kemarin. yang memberikan manfaat tol itu untuk mobilitas logistik, mobilitas transportasi," kata Anies di Slawi, Tegal, Jawa Tengah, Selasa, 30 Januari.

Karena itu, Anies berjanji akan membangkitkan kembali kegiatan perekonimian pada daerah yang dilintasi Jalur Pantura sebagai jalan nasional utama penghubung 5 provinsi tersebut.

"Perekonomian kota-kota di kawasan Pantura perlu ada stimulus baru, sehingga kawasan ini bisa tetap tumbuh berkembang. Itulah sebabnya kami hadir disini menyampaikan kepada masyarakat Pantura atas rencana untuk bisa mengaktifkan kembali perekonomian kota-kota sepanjang Pantura," ungkap Anies.

Tak hanya itu, Anies juga berjanji akan meningkatkan kualitas pendidikan di daerah Jalur Pantura jika terpilih sebagai Presiden RI 2024 nanti.

"Memastikan bahwa pendidikan di sini tuntas semua, jumlah bangku sekolahnya cukup, sehingga di kawasan Pantura ini kualitas pendidikannya terjamin baik," lanjutnya.

Pada agenda kampanye rapat umum atau kampanye akbar di Lapangan Pendawa Saimbang hari ini, Anies dan Cak Imin bicara soal kesejahteraan petani dan nelayan.

Dalam orasinya, Anies mengaku prihatin dengan harga gabah yang murah sementara harga beras yang mahal namun tidak diterima oleh para petaninya.

"Terus hilangnya ke mana? Gabahnya murah tapi berasnya mahal, ya ada mafia, ada tengkulak-tengkulak penimbun apakah mereka boleh dibiarkan? Apakah itu boleh diteruskan?" tanya Anies kepada warga yang hadir.

Mantan Gubernur DKI Jakarta ini pun berkomitmen untuk memperbaiki tata niaga pangan sehingga akan dapat mensejahterakan petani dan menjaga stabilitas harga pangan.

"Kami bersama-sama berkomitmen memperbaiki tata niaga pangan supaya petani makmur juga harga pangan murah sehingga dapat dua-duanya," imbuhnya.

Usai berkampanye di Lapangan Pendawa Saimbang, Anies juga akan menghadiri kampanye akbar di Padepokan Kalisoga Brebes, Jawa Tengah.

Kemudian, Anies akan menghadiri acara Temu Rakyat Pejuang Lingkungan dan Perubahan di Lapangan Kecamatan Padarincang, Serang, Banten. Anies juga akan bersilaturahmi ke Ponpes Araudhotul Baqiyat, dan bakal ada prosesi penyambutan Adat Banten.

Sementara itu, Cak Imin melanjutkan kegiatan kampanye secara terpisah denvab agenda Konsolidasi TPES-50 Pekalongan Raya di Gedung Pertemuan Amanjiba, Kelurahan Krapyak, Kota Pekalongan, Jawa Tengah.