Polda Metro: 21 TPS Masuk Kategori Sangat Rawan, Paling Banyak di Kepulauan Seribu
Ilustrasi Pemilu 2024 (ANTARA)

Bagikan:

JAKARTA - Polda Metro Jaya mencatat ada 21 dari 65.495 tempat pemungutan suara (TPS) di wilayah hukumnya yang masuk dalam kategori sangat rawan. Paling banyak di Kepulauan Seribu.

"Berdasarkan data yang ada, setidaknya ada 21 TPS yang kategori sangat rawan," ujar Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Ade Ary Syam Indradi kepada wartawan, Selasa, 30 Januari.

Dirincikan, puluhan TPS berkategori sangat rawat itu 6 di antaranya berada di wilayah Jakarta Timur, 10 di Kepulauan Seribu, dan 5 di wilayah Tangerang Selatan.

Tingkat kerawanan puluhan TPS itu berdasarkan kondisi geografis dan sosial demografis.

"Ada tiga klasifikasi, kurang rawan, rawan, dan sangat rawan, berdasarkan kondisi geografis dan kondisi demografis yang ada," sebutnya

Karenanya, Polda Metro Jaya mengerahkan belasan ribu personel guna pengamanan di seluruh TPS. Sehingga, proses pencoblosan hingga penghitungan suara berjalan kondusif.

"Total jumlah personel Polda Metro Jaya dan polres jajaran yang akan melaksanakan pengamanan TPS itu 11.385 personel," ucap Ade.

Di sisi lain, Ade juga menegaskan Polri khususnya Polda Metro Jaya berkomitmen untuk tetap netral atau tak berpihak kepada pasangan calon (paslon) manapun dalam Pemilihan Umum (Pemilu) 2024.

"Polda Metro Jaya sekali lagi, berkomitmen untuk netral dan tetap fokus pada kegiatan pengamanan pemilu dan kegiatan masyarakat lainnya," kata Ade.