Beda 'Geng' dengan Muchdi Pr, Partai Berkarya Kubu Syamsu Djalal Dukung AMIN
Partai Berkarya kubu Syamsu Djalal mendeklarasikan dukungannya pada pasangan AMIN/FOTO: Abdul Aziz Masindo-VOI

Bagikan:

JAKARTA - Partai Beringin Karya (Berkarya) kubu Syamsu Djalal mendeklarasikan dukungannya kepada pasangan calon presiden dan wakil presiden Anies-Muhaimin (AMIN).

“Dengan ini kami Dewan Pimpinan Pusat Partai Berkarya memberikan dukungan kepada calon presiden dan wakil presiden RI yaitu Anies Rasyid Baswedan dan Abdul Muhaimin Iskandar sebagai calon presiden dan wakil presiden Republik Indonesia," kata Ketua Umum DPP Partai Beringin Karya Syamsu Djalal di Markas Timnas AMIN, Menteng, Jakarta Pusat, Rabu 24 Januari.

Berkarya memerintahkan seluruh kader di Indonesia untuk memenangkan pasangan AMIN yang didukung partai secara terukut.

Dewan Pakar Timnas AMIN Supomo yang mewakili Timnas AMIN menyerahkan surat dukungan kepada Ketua Umum DPP Partai Berkarya Syamsu Djalal sebagai simbol peresmian dukungan.

Sedangkan soal dukungan Partai Berkarya ke Prabowo-Gibran pada 12 Januari lalu, Syamsu mengatakan deklarasi yang dilakukan oleh Pimpinan Ketum Partai Berkarya Muchdi Pr tidak sah.

"Muchdi Pr itu tidak sah, deklarasi kemarin (dukungan Prabowo-Gibran) tidak sah," tekan Syamsu.

Sementara Sekretaris Badan Pemenangan Nasional DPP Partai Berkarya Mujahidin menjelaskan Muchdi Pr sudah diberhentikan dari Partai Berkarya, sehingga deklarasi sebelumnya tidak sah.

"Fauzan itu Sekjen yang diangkat oleh Pak Muchdi Pr. Sementara Pak Muchdi Pr nya sudah diberhentikan oleh Pak Syamsu Djalal sebagai Ketua Mahkamah Partai. Jadi seperti itu kronologinya, ada catatan dan videonya," jelas Mujahidin.

 

Mujahidin mengatakan, deklarasi yang dibacakan Fauzan untuk dukungan Prabowo-Gibran sudah tidak bisa diakui oleh hukum karena cacat hukum.

Deklarasi dukungan Prabowo-Gibran kata Mujahidin bukan di kantor TKN, melainkan hanya di kantor partai, sehingga legalitasnya perlu dipertanyakan.

Diberitakan sebelumnya, Partai Berkarya pimpinan Ketua Umum Muchdi Purwoprandjono menyatakan dukungannya kepada pasangan calon presiden dan calon wakil presiden nomor urut 2, Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka di Pemilu 2024. Deklarasi itu disampaikan langsung Sekjen Partai Berkarya, Fauzan Rachmansyah di kantor DPP Partai Berkarya, Jakarta, Jumat 12 Januari. 

"Setelah kita mengafirmasi diri sebagai 'swing voter' dan 'undecided voters'. Setelah menerima masukan dari para kader, Alhamdulillah kita nyatakan mendukung Capres 02. Ini dukungan yang benar-benar dari hati kami semua kader Partai Berkarya," tutur Fauzan dalam keterangan tertulisnya.