Bagikan:

JAKARTA - Calon presiden nomor urut 1, Anies Baswedan berjanji akan membangun lapangan sepak bola berstandar FIFA di Provinsi Maluku. Lapangan bertaraf internasional ini akan dibangun seperti yang pernah diresmikan Anies di Jakarta.

Keinginan Anies untuk membangun lapangan sepak jola di tengah kampung ini dikatakanya dalam acara Desak Anies yang digelar di Pantai Beby Indah, Kota Ambon, Maluku.

"Kami ingin agar sepak bola ini tumbuh. Jadi, apa yang kami lakukan? Kami akan membangun lapangan-lapangan sepak bola di kampung-kampung yang berstandar FIFA," kata Anies, Senin, 15 Januari.

Bahkan, lapangan sepak bola berstandar FIFA yang dijanjikan Anies jika memenangkan Pilpres 2024 ini akan dioperasionalkan secara gratis untuk masyarakat.

"Ini lapangan sepak bola rakyat rumputnya standar FIFA dengan ada tribun penonton dan ini gratis digunakan oleh rakyat," ungkap dia.

Menurut Anies, Maluku memiliki potensi besar untuk mengembangkan kemampuan anak-anak dalam bermain sepak bola. Dengan fasilitas lapangan sepak bola yang disediakan pemerintah, Anies berharap akan banyak atlet sepak bola yang datang dari provinsi di Indonesia timur tersebuy.

"Supaya dengan adanya kompetisi kita akan bisa menumbuhkan bibit-bibit potensial untuk menjadi pemain-pemain hebat," urai Anies.

"Kalau kompetisi, dia berlangsung sepanjang waktu sepanjang tahun. Itulah yang ingin kita lakukan di sini. Harapannya nanti potensi anak-anak Maluku untuk bermain sepak bola akan tumbuh dan bisa membawa nama baik Maluku, nama baik Indonesia," lanjutnya.

Potensi lahirnya atlet sepak bola ini, menurut Anies, bisa didapat dari kalangan masyarakat yang tinggal di daerah kampung-kampung. Itu sebabnya Anies memilih membangun lapangan di tengah perkampungan.

"Biarkan anak-anak kita walaupun latar belakang keluarganya belum sejahtera, mereka bisa merasakan main sepak bola di lapangan yang setara dengan lapangan-lapangan yang digunakan di stadion-stadion internasional seluruh dunia," imbuhnya.