Gali Potensi Laut, Anies Ingin Ambon jadi Pusat Aqua Culture
Capres Anies Baswedan saat berkampanye di Kota Ambon, Maluku, pada Senin, 15 Januari (dok Timnas Amin)

Bagikan:

JAKARTA - Calon presiden nomor urut 1, Anies Baswedan melanjutkan kegiatan kampanyenya di Kota Ambon, Maluku, pada Senin, 15 Januari. Anies tiba di Bandara Internasional Pattimura pada Minggu, 14 Januari malam.

Setibanya di bandara, Anies akan berjumpa dengan masyarakat setempat. Ia akan menjelaskan iming-iming pembangunan yang akan dilaksanakan di Ambon jika terpilih sebagai Presiden 2024 bersama cawapresnya, Muhaimin Iskandar.

Mengingat, Ambon merupakan salah satu dari 40 kota yang akan dikembangkan infrastruktur dan budayanya menjadi kota setara Jakarta. Secara garis besar, Anies ingin menjadikan Ambon sebagai pusat budi daya perairan.

"Akan kita jelaskan pada saat bertemu dengan masyarakat, dan kita ingin kekayaan aqua culture yang luar biasa di sini. Itu bisa kita kembangkan dan Ambon adalah salah satu hub (pusat) untuk pengembangan itu," kata Anies di Bandara Pattimura, Minggu, 14 Januari.

Anies menjelaskan, Ambon merupakan daerah yang punya potensi besar untuk mengembangkan pemeliharaan dan penangkaran berbagai macam hewan atau tumbuhan perairan.

"Jadi, potensi kekayaan alam, khususnya perikanan yang luar biasa besar di kawasan Maluku ini harus diiringi dengan regulasi yang memungkinkan dia berkembang lebih baik," urai Anies.

Dengan penopang regulasi yang lebih menguntungkan petani dan nelayan, Anies menginginkan agar nilai tambah produknya bisa lebih meningkat.

"Hasil perikanan itu tidak dikeluarkan ke luar dari Maluku semata-mata dalam bentuk produk mentah, tapi produk hasil olahan, supaya penyerapan tenaga kerja terjadi, peningkatan nilai tambah terjadi, dan harapannya kemakmuran akan lebih tinggi di kawasan ini," lanjut dia.

Dalam kunjungannya ke Ambon, Anies dijadwalkan akan berdiskusi dengan masyarakat dalam acara Desak Anies di Pantai Beby Indah, silaturahmi dengan tokoh masyarakat di Gedung Serbaguna Xaverius, dan bertemu dengan para simpatisan di Gedung Serbaguna Islami Center Ambon.