Timnas AMIN Klaim Anies Tak Serang Capres Lain saat Debat Ketiga Pilpres
Capres Anies Baswedan. (dok Timnas AMIN)

Bagikan:

JAKARTA - Tim Nasional (Timnas) Pemenangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar (AMIN) mengklaim calon presiden (capres) nomor urut 1, Anies Baswedan sama sekali tidak menyerang pribadi capres lain saat Debat Ketiga Pilpres 2024 akhir pekan kemarin.

"Pribadi itu kan keluarga, kemudian yang bersifat pribadi, agama misalnya; itu yang pribadi. Tetapi kalau kebijakan publik, ya, tidak ada yang pribadi," kata Juru Bicara Timnas AMIN Iwan Tarigan saat dihubungi di Jakarta, Rabu 10 Januari, disitat Antara.

Iwan mengatakan hal itu untuk merespons pernyataan Presiden Joko Widodo yang menilai sesi debat ketiga capres-cawapres Pemilu 2024 kurang mengedukasi, karena didominasi oleh saling serang personal antarcapres.

Iwan menilai selama pernyataan maupun pertanyaan yang disampaikan saat debat berkaitan dengan program dengan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN).

Sehingga, pihak yang berwenang dalam penggunaannya harus bertanggung jawab kepada publik secara terbuka.

"Selama menggunakan APBN, itu harus dibuka karena itu adalah uang rakyat yang dikumpulkan dari pajak," ujarnya.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI telah menerima pendaftaran tiga bakal pasangan capres-cawapres, yakni Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar (nomor urut 1), Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka (nomor urut 2), dan Ganjar Pranowo-Mahfud MD (nomor urut 3).

Masa kampanye pemilu ditetapkan mulai tanggal 28 November 2023 hingga 10 Februari 2024, sementara pemungutan suara dijadwalkan pada tanggal 14 Februari 2024.