Ganjar Ingin Kembangkan Hetero Space di Seluruh Indonesia
Capres Ganjar Pranowo/ANTARA/Sumarwoto

Bagikan:

PURWOKERTO - Calon presiden nomor urut 3 Ganjar Pranowo menyatakan ingin mengembangkan hetero space di seluruh Indonesia sebagai tempat berkumpulnya para pelaku ekonomi kreatif seperti halnya yang ada di Purwokerto, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah.

"Inilah hetero space yang dulu pernah kita bikin. Ini hetero space waktu saya masih menjadi gubernur, yang bungsu setelah dari Semarang, Solo, ini yang ketiga," kata Ganjar setelah menghadiri Silaturahmi dengan Pelaku UMKM di Hetero Space Banyumas, Purwokerto, Kabupaten Banyumas dilansir ANTARA, Selasa, 9 Januari.

Ia mengakui lokasi Hetero Space Banyumas yang menempati bekas gedung Badan Koordinasi Wilayah (Bakorwil) III Banyumas-Purwokerto itu tergolong besar.

Menurut dia, pembuatan Hetero Space Banyumas itu berawal dari usulan anak-anak muda yang menginginkan gedung tersebut dibuat sebagai suatu area coworking yang bisa digunakan bersama-sama dan dikelola oleh mereka.

Setelah Hetero Space Banyumas dibuka, kata dia, ternyata banyak sekali pelatihan yang dibuat bagi para pelaku UMKM dan koperasi.

"Mengharukan buat saya ketika ibu yang jualan kayak ikan kecil-kecil itu, dia mengatakan Pak Ganjar waktu ke sana dulu, terus kemudian kita meng-endorse, penjualannya naik sampai 200 persen. Itu menyenangkan," katanya.

Bahkan ketika kemasan produk UMKM dinilai masih kurang baik, kata dia, kemudian pelakunya datang ke Hetero Space Banyumas untuk berkonsultasi, saat sekarang kemasannya menjadi lebih baik.

Selain itu, secara manajerial, lanjut dia, para pelaku UMKM sudah mulai mengerti tentang bagaimana mengelola uang.

"Mana duit utang, mana untuk produksi, mana untuk kebutuhan keluarga, mereka sudah bisa menghitungnya. Artinya, sebenarnya perlu tempat-tempat untuk berkumpulnya orang-orang kreatif yang akan membuat usaha awal, startup, atau kemudian mengembangkan usaha yang sudah jalan, ruangan tempat seperti ini menjadi penting," jelasnya.

Menurut dia, kolaborasi para ahli yang difasilitasi oleh pengelola hetero space akan membuat pelaku UMKM tumbuh dan naik kelas.

Ganjar mengakui jika kelak terpilih sebagai presiden, program hetero space akan dibawa ke tingkat nasional.

"Kemarin ada keinginan-keinginan tambahan ya, umpama sementara ini mereka berproduksi sektor riil, tapi ada seniman, barangkali mereka akan bermain musik, mereka tari, mereka mungkin tulis-menulis, saya kira itu penting, termasuk recording," katanya.

Ia mengatakan jika Hetero Space Banyumas bisa berkembang mengingat ruangannya cukup banyak dan fasilitasnya ditambah, sehingga kelompok-kelompok kreatif bisa berlatih di tempat tersebut.

"Dan kalau ini kita kembangkan hampir seluruh Indonesia, rasanya akan difasilitasi," tegasnya.

Sementara dalam acara silaturahmi, Ganjar berkesempatan berdialog dengan sejumlah pelaku UMKM, baik yang telah mengikuti program pelatihan di Hetero Space Banyumas maupun yang belum mengikutinya, termasuk berdialog dengan salah seorang pelaku UMKM yang pernah dia kunjungi saat masih menjabat Gubernur Jawa Tengah.

Ganjar memberikan motivasi kepada para pelaku UMKM untuk terus meningkatkan kualitas produknya agar bisa naik kelas.