Hasto Sebut Ganjar Kuasai Geopolitik dan Pertanyakan Prestasi Prabowo
Sekjen PDIP, Hasto Kristiyanto mempertanyakan prestasi Prabowo Subianto dalam bidang geopolitik. (VOI/Rizky Adytia Pramana)

Bagikan:

JAKARTA - Sekretaris Jenderal PDIP Hasto Kristiyanto menyebut Ganjar Prabowo sangat menguasi aspek geopolitik yang menjadi salah satu tema dalam debat ketiga Pemilihan Presiden atau Pilpres 2024, hari ini. Berbeda dengan Prabowo Subianto yang dinilai tak berperstasi sebagai Menteri Pertahanan (Menhan).

"Kalau kita lihat dari Pak Prabowo sebagai Menhan, apa prestasi beliau?" ujar Hasto kepada wartawan, Minggu 7 Januari.

Hasto pun menyoroti mengenai banyaknya pengungsi luar negeri yang masuk ke Indonesia. Tapi pemerintah dinilai tak melakukan diplomasi dengan baik guna mengatasi permasalahan tersebut.

"Kami sering mendapatkan keluhan secara diam-diam dari jajaran, ada Kemenlu, yang seringkali Pak Prabowo sikapnya berbeda secara resmi dari Kemenlu," sebutnya.

Karena itu, Hasto menyebut Indonesia memerlukan sosok pemimpin yang membangun kekuatan kolektif dan memiliki kesadaran geopolitik.

Ganjar Pranowo disebut sebagai sosok yang paling tepat. Sebab, semua kriteria itu dimiliki Capres nomor urut tiga tersebut.

"Pak Ganjar ini lahir dari sekolah partai, sehingga sangat memahami aspek-aspek geopolitik. Untuk membangun kekuatan pertahanan tidak perlu membentuk PT Teknologi militer yang di isi oleh sahabat-sahabat Pak Prabowo," sebutnya.

"Itu yang bisa dilakukan oleh Pak Ganjar, diferensiasi nya sangat jelas. Yang satu membangun kekuatan nasional kita atas dasar kepentingan kita, yang satu atas dasar jangka pendek," sambung Hasto.

Adapun, debat ketiga Pilpres 2024 diselenggarakan di Istora Senayan, Jakarta dan akan dimulai pukul 19.00 WIB. Tema debat Capres nanti adalah pertahanan, keamanan, hubungan internasional, globalisasi, geopolitik dan politik luar negeri.