Harga Bahan Pokok di Pasar Palmerah Masih Relatif Stabil di Awal Tahun 2024
Ilustrasi Foto: Antara

Bagikan:

JAKARTA - Wali Kota Jakarta Pusat Dhany Sukma mengatakan, secara umum hasil pemantauan harga bahan pokok di Pasar Palmerah, Kelurahan Gelora, Kecamatan Tanah Abang, Jakarta Pusat masih terpantau stabil pada Kamis, 4 Januari.

Dhany menyatakan, harga relatif stabil jika dibandingkan dengan peninjauan pasar pada akhir Tahun 2023 kemarin. Untuk saat, harga bahan pangan ini cenderung ada penurunan.

Bahan pangan yang ditinjau meliputi ayam potong, beras, telur, cabai, dan bawang.

"Antisipasi untuk harga melonjak sudah dilakukan, DKI Jakarta termasuk pengendali terbaik inflasi di Indonesia," ucapnya.

Dhany menjelaskan, DKI Jakarta telah berhasil mengendalikan inflasi di Jakarta dengan cara mencukupi pasokan kebutuhan pangan di pasaran.

"Caranya bagaimana, ya pasokannya harus cukup. Kita bekerja sama dengan berbagai daerah, kemudian ada operasi pasar, subsidi pangan," katanya.

Adapun harga bahan pangan seperti ayam potong dijual seharga Rp 33 ribu per kg, telur 27 ribu per kg, dan bawang 45 ribu per kg. Cabai Rp 70-80 ribu per kg setelah sebelumnya menyentuh harga Rp 120 ribu.

Sementara untuk mengendalikan ketahanan pangan, Pemkot Jakarta Pusat juga telah melakukan pemanfaatan lahan pekarangan untuk menanam cabai.

"Ke depannya akan ada banyak gerakan untuk menanam cabai bersama. Saya berharap harga semakin stabil, ekonomi membaik dan masyarakat dapat hidup sejahtera," ucapnya.