Mudah! Begini Cara Cek Akreditasi Kampus dan Prodi di Situs BAN-PT
Ilustrasi (Photo by Matt Hoffman on Unsplash).

Bagikan:

YOGYAKARTA – Cara cek akreditasi kampus dan prodi (program studi) ternyata sangat mudah. Calon mahasiswa dapat mengetahui status dan peringkat akreditasi kampus dan prodi lewat laman resmi Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT).

Sebagai informasi, akreditasi adalah kegiatan penilaian untuk menentukan kelayakan program studi dan perguruan tinggi. Akan tetapi, penilaian keduanya menggunakan instrumen yang berbeda.

Berdasarkan Peraturan BAN-PT Nomor 1 Tahun 2022, instrumen akreditas untuk perguruan tinggi terdiri dari dua macam, yakni Instrumen Akreditasi 7 Standar yang berlaku sebelum 1 Oktober 2018 dan Instrumen Akreditasi Perguruan Tinggi 3.0 yang berlaku sejak 1 Oktober 2018.

Sementara instrumen akreditasi untuk program studi terdiri dari Instrumen Akreditasi 7 Standar yang berlaku sebelum 1 April 2019 dan Instrumen Akreditasi Program Studi 4.0 yang berlaku sejak 1 April 2019.

Adapun pihak yang ditunjuk untuk melakukan penilaian akreditasi kampus dan program studi adalah Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi.

Cara Cek Akreditasi Kampus dan Prodi

Telah disinggung di atas bahwa cek akreditasi kampus dan prodik dapat dilakukan lewat laman resmi BAN-PT. Cara ini berlaku untuk kampus swasta maupun negeri.

Berikut cara akreditasi kampus swasta dan negeri yang perlu diketahui oleh setiap calon mahasiswa sebelum memilih perguruan tinggi:

  • Buka browser dan ketikkan alamat https://www.banpt.or.id. Situs tersebut dapat diakses melalui perangkat HP, laptop, maupun komputer.
  • Klik menu ‘Data Akreditasi’.
  • Pilih menu ‘Institusi (terkini)’.
  • Ketikkan nama perguruan tinggi yang ingin dilihat status dan peringkat akreditasinya. Calon mahasiswa juga bisa melihat berdasarkan peringkat akreditasi tertentu, misalnya akreditasinya A atau unggul.
  • Tunggu hingga situs menampilkan status dan peringkat akreditasi kampus.

Demikian informasi tentang cara cek akreditasi kampus swasta maupun negeri. Adapun cara cek akreditasi prodi di kampus swasta dan negeri adalah sebagai berikut:

  • Buka situs https://www.banpt.or.id.
  • Berikutnya, klik menu ‘Data Akreditasi’.
  • Setelah itu, pilih menu ‘Program Studi (terkini)’.
  • Masukkan nama perguruan tinggi dan program studi atau peringkat yang ingin dicari.
  • Selanjutnya, situs akan menampilkan status dan peringkat akreditasi progam studi.

Asal tau saja, masing-masing status dan peringkat akreditasi dan diperbarui sebelum tanggal kadaluarsa. Oleh sebab itu, cek akreditasi kampus dan prodi secara berkala.

Jangan lupa untuk mencatat nomor SK akreditasi, tahun SK, wilayah, tanggal kadaluarsa, dan status kadaluarsa.

Status dan Peringkat Akreditasi

Status akreditasi merupakan hasil penilaian akreditasi yang dilakukan oleh BAN-PT yang ditetapkan sebelum 28 Januari 2020. Status tersebut dibagi menjadi dua jenis, yakni terakreditasi dan tidak terakreditasi.

Sedangkan peringkat akreditasi merupakan hasil akreditasi yang dilakukan BAN-PT. Peringkat akreditasi terdiri atas:

  • Peringkat A, B, dan C untuk akreditasi yang dilakukan menggunakan Instrumen Akreditasi 7 Standar.
  • Peringkat unggul, baik sekali, dan baik untuk akreditasi yang dilakukan dengan Instrumen Akreditasi Program Studdi 4.0 dan Instrumen Akreditasi Perguruan Tinggi 3.0.

Demikian informasi tentang cara cek akreditasi kampus dan program studi. Semoga artikel ini dapat menambah wawasan para pembaca setia VOI.ID.