Bagikan:

JAKARTA - Peristiwa kebakaran melanda sebuah toko penjualan material bahan bangunan di Jalan Gardu 2A, RT 09/03, Kelurahan Balekambang, Kecamatan Kramat Jati, Jakarta Timur pada Selasa, 2 Januari 2024, siang. Belakangan diketahui, toko material itu milik warga bernama Johan (54).

"Objek terbakar satu toko bahan bangunan. Penyebab kebakaran karena korsleting listrik," ujar Kasiop Sudin Gulkarmat Jakarta Timur, Gatot Sulaeman saat dikonfirmasi.

Kobaran api disertai asap tebal mengepul di udara dan membakar seluruh bagian material. Bahkan kebakaran juga sempat menimbulkan suara ledakan.

Petugas Sudin Gulkarmat Jakarta Timur yang tiba di lokasi langsung berusaha memadamkan kebakaran agar tidak merambat ke rumah warga yang berdempetan dari toko material.

Kebakaran dipicu dari adanya korsleting listrik di lantai dua saat para pekerja material tengah bekerja. Kobaran api kemudian merambat dan membakar seluruh isi di dalam material seperti cat tiner dan bahan yang mudah terbakar lainnya.

"Diduga api berasal dari kamar karyawan lantai dua. Luas area terbakar sekitar 120 meter persegi dengan kerugian Rp 500 juta," katanya.

Proses pemadaman api selesai sekitar pukul 11.48 WIB dengan jumlah personel 68 orang dan 17 unit mobil pemadam. Beruntung, tidak ada korban jiwa maupun luka akibat peristiwa kebakaran tersebut.