Akhir Libur Tahun Baru, 60 Ribu Kendaraan Kembali ke Jakarta via Puncak
Suasana kemacetan di Jalur Puncak (dok VOI)

Bagikan:

BOGOR - Memasuki akhir liburan Natal dan tahun Baru (Nataru), sedikitnya 60.000 kendaraan roda empat dari kawasan wisata Puncak sudah kembali ke wilayah Jakarta pada Senin 1 Januari malam.

Kondisi ini membuat aparat Satlantas Polresta Bogor memberlakukan kebijakan sistem satu arah (one way) menuju Jakarta lebih dari 10 jam.

Sementara arus kendaraan dari Jakarta menuju Puncak hari ini tercatat 35.000 kendaraan.  

Kepala Satlantas Polresta Bogor AKP Rizky Guntama Ganda mengungkapkan pengaturan arus lalu lintas di kawasan Puncak seusai malam Tahun Baru hari ini dipusatkan untuk mengurai kemacetan terutama yang diakibatkan oleh peningkatan arus balik wisata.

Pihaknya memberlakukan kebijakan sistem satu arah dari Puncak menuju Jakarta sekitar 10 jam yaitu dari pukul 11.00 WIB siang hingga pukul 20.00 WIB malam ini. Petugas pun mulai kembali memberlakukan sistem dua arah selepas pukul 20.00 WIB.

"Tercatat mulai pukul 20.00 WIB kita kembalikan normal dua arah. Baik dari arah Jakarta menuju Puncak maupun sebaliknya normal," ungkap Rizki, Senin malam.

Dari catatan unit Traffic Management Centre (TMC) Polres Bogor tercatat sekitar 60.000 kendaraan dari kawasan Puncak kembali ke Jakarta hingga pukul 20.00 WIB malam ini. Sementara untuk kendaraan dari wilayah Jakarta menuju Puncak tercatat 35 ribu kendaraan.

"Untuk puncak arus balik terjadi siang hingga sore tadi, jadi sekarang sudah lewat," lanjutnya.

Sementara itu dari hasil prediksi petugas, untuk arus wisata pada Selasa 2 Januari masih akan diwarnai peningkatan mengingat sebagian sekolah masih libur panjang. Namun Rizky memperkirakan peningkatan tidak terlalu signifikan.