VIDEO: Tradisi Umat Kristiani Rayakan Natal di Negara Mayoritas Muslim
VIDEO: Tradisi Umat Kristiani Rayakan Natal di Negara Mayoritas Muslim. (Tim grafis Video VOI)

Bagikan:

JAKARTA - Umat Kristiani baru saja merayakan hari natal. Sebagai negara dengan mayoritas penduduknya beragama Islam, Indonesia memberikan libur bagi umat yang memperingati natal. Ternyata bukan hanya di Indonesia saja, beberapa negara lain dengan mayoritas penduduk beragama Islam juga memberikan contoh toleransi yang baik. Berikut daftar dan tradisinya.

Yang pertama Indonesia, negara yang memiliki penduduk sebanyak 274 juta jiwa, sekitar 231 juta penduduknya adalah pemeluk agama islam. Namun Indonesia tetap menghargai dan memperingati hari raya umat beragama lainnya, seperti tradisi natal yang tetap dilestarikan sampai saat ini ada tradisi Rabo-rabo di Jakarta, Wayang Wahyu Jogjakarta, Ngejot dan Penjor di Bali, Marbinda dan Marhobas di Sumatera Utara, Meriam Bambu di Flores dan Kunci Taon di Sulawesi Utara.

Yang kedua Pakistan, negara dengan jumlah penduduk 243 juta jiwa, dan 212 juta penduduknya adalah umat muslim. Umat Kristiani di Pakistan punya tradisi natal setiap tahunnya seperti Christmas carol dari rumah ke rumah, menggunakan pakaian colorful untuk pergi ke gereja, sampai menghabiskan waktu di gereja untuk makan bersama dengan umat kristiani lainnya.

Yang ketiga Arab Saudi, negara yang memiliki jumlah penduduk sebanyak 37 juta jiwa, 34,5 juta diantaranya adalah penduduk beragama islam. Di Arab Saudi, hari natal bukanlah hari libur nasional. Namun, ornamen dan hiasan natal tetap ada di setiap hotel dan mall yang beroperasi, sehingga suasana natal pun masih terasa hangat di sana.

Yang keempat Mesir, negara timur tengah yang memiliki penduduk sebanyak 113 juta jiwa, dan sekitar 90 juta penduduknya adalah pemeluk agama Islam. Sedikit berbeda dengan kebanyakan umat Kristiani lainnya, di Mesir malam natal dirayakan pada tanggal 6 januari dan perayaan natal di tanggal 7 januari. Selain itu, mereka juga ada puasa tidak memakan yang berasal dari hewan termasuk susu dan telur dari tanggal 25 november sampai 6 januari.

Dan yang terakhir Iran, negara dengan jumlah penduduk sebanyak 89,5 juta jiwa, dengan penduduk beragama Islam sebanyak 82,5 juta jiwa. Iran juga tetap memiliki tradisi natal setiap tahunnya, dan memperingati hari natal di tanggal 6 dan 7 januari seperti Mesir. Umat kristiani, saat hari natal akan kembali ke rumahnya masing-masing untuk merayakan natal sembari memakan beberapa jenis buah-buahan seperti pomegranate dan semangka. Simak video selengkapnya berikut ini.

Terkait