Waspada Pintu Air Sunter Hulu Siaga 1, Ini Wilayah Berpotensi Banjir
IlustrasI-Pengendara motor melaju di atas jembatan sungai Ciliwung Bogor (Foto:Dok Antara)

Bagikan:

JAKARTA - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) mengeluarkan peringatan bahwa saat ini Pintu Air Sunter Hulu dalam keadaan siaga I. 

Hal ini terpantau dalam pembaruan status oleh BPBD per pukul 10.00 WIB. Saat ini, tinggi muka air di Pintu Air Sunter Hulu yang mengalirkan sungai di timur Jakarta itu mencapai 265 sentimeter.

Status siaga I ditetapkan jika dalam enam jam genangan air tersebut tidak surut dan kritis maka ditetapkan Siaga I. Penanggung jawab penanganan status siaga I langsung di tangan Gubernur.

BPBD mengantisipasi dalam beberapa jam ke depan, air akan sampai di Pintu Air Pulo Gadung. Terdapat 21 wilayah yang berpotensi banjir, yakni di kawasan Jakarta Timur dan Jakarta Utara.

Wilayah tersebut adalah Bambu Apus, Cilangkap, Pondok Ranggon, Setu, Lubang Buaya, Pondok Bambu, Pondok Kelapa, Cipinang, Cipinang Melayu, Cipinang Muara, Duren Sawit, Jatinegara Kaum.

Kemudian, wilayah Kayu Putih, Pulogadung, Sumur Batu, Kelapa Gading Barat, Kelapa Gading Timur, Kebon Bawang, Rawa Badak Selatan, Rawa Badak Utara, dan Sungai Bambu.

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprediksi akan terjadi hujan ringan di seluruh wilayah Jakarta pada hari ini.

BMKG juga memprediksi akan terjadi hujan disertai kilat atau petir dan angin kencang di wilayah Kepulauan Seribu, Jakarta Utara, dan Jakarta Barat pada pagi dan dini hari.

"Suhu berada pada kisaran 23 sampai 31 derajat celsius, dengan kelembapan 70 sampai 90 persen," demikian dikutip dari laman resmi BMKG.

Berdasarkan perhitungan waktu, pada pagi hari seluruh wilayah Jakarta akan mengalami hujan ringan. Kecuali, Kepulauan Seribu dengan hujan sedang.

Siang harinya, Jakarta Barat, Jakarta Selatan, dan Jakarta Timur akan mengalami hujan ringan. Jakarta Pusat, Jakarta Utara, dan Kepulauan Seribu akan berawan.

Pada malam hari, semua wilayah akan berawan. Lalu, dini hari jelang Sabtu, 20 Februari, seluruh wilayah Jakarta akan mengalami hujan ringan.