Studi Temukan Wasabi Efektif Meningkatkan Daya Ingat Lansia
Ilustrasi Wasabi dan sushi. (Unsplash/cathsmithphoto)

Bagikan:

JAKARTA - Sebuah penelitian baru-baru ini menemukan, wasabi, bumbu tradisional Jepang dan bumbu sushi yang populer, mungkin bermanfaat dalam meningkatkan daya ingat dan kemampuan kognitif orang lanjut usia.

Penelitian yang dilakukan bersama antara produsen makanan Jepang Kinjirushi Co. dan Universitas Tohoku ini berfokus pada jenis minyak mustard yang disebut hexaraphane, yang ditemukan dalam jumlah kecil di akar dan rimpang tanaman.

Penelitian tersebut menyelidiki apakah senyawa tersebut, yang sudah diketahui memiliki efek antioksidan dan anti-inflamasi pada tubuh, memiliki dampak positif pada fungsi kognitif orang dewasa sehat berusia 60 tahun ke atas.

Penelitian ini melibatkan 72 orang dewasa sehat yang berusia antar 60-80 tahun. Mereka kemudian dibagi menjadi dua kelompok. Satu kelompok mengonsumsi 0,8 miligram hexaraphane sebagai suplemen harian, setara dengan 5 gram rimpang wasabi selama 12 minggu. Sementara, kelompok lainnya diberi plasebo.

Tes kognitif pasca-percobaan menunjukkan, kelompok yang mengonsumsi suplemen menunjukkan peningkatan yang signifikan dalam ingatan episodik dan kerja mereka, dibandingkan dengan kelompok plasebo.

Peningkatan kognitif terutama terlihat dalam kemampuan mereka memproses percakapan singkat, melakukan perhitungan sederhana dan mencocokkan nama dengan wajah.

Temuan ini dipublikasikan pada 30 Oktober di edisi online jurnal Eropa 'Nutrients'.

Kinjirushi, mengatakan pihaknya sedang menjajaki kemungkinan menggunakan penemuan ini untuk mengembangkan produk baru guna peningkatan memori.

"Dengan populasi global yang menua, kami bertujuan memanfaatkan manfaat kesehatan wasabi untuk meningkatkan harapan hidup sehat dan kesejahteraan para lansia," kata seorang pejabat perusahaan yang berbasis di Nagoya, dikutip dari Kyodo News 10 Desember.