Bagikan:

JAKARTA - Calon presiden nomor urut 1, Anies Baswedan tanpa disangka membawa Didin Wahyudin ke arena debat Pilpres 2024 perdana.

Didin merupakan ayah dari Harun Al Rasyid, korban kerusuhan 21-22 Mei 2019 yang terjadi akibat aksi unjuk rasa penolakan hasil rekapitulasi Pemilu 2019. Harun meninggal dunia pada aksi yang berujung ricuh tersebut.

Didin duduk tepat di belakang kursi Anies dan Muhaimin Iskandar (Cak Imin) di barisan tim pendukungnya. Tampak juga ibu Harun yang hadir di samping Didin. Kehadiran Didin pun disinggung Anies dalam pemaparan awal debat.

"Hadir bersama saya di sini ayahnya Harus Al Rasyid. Harun adalah adalah anak yang meninggal pendukung Pak Prabowo di Pilpres 2019 yang menuntut keadilan pada saat itu, protes hasil pemilu. Apa yang terjadi? Dia tewas. Sampai dengan hari ini tidak ada kejelasan," kata Anies, Selasa, 12 Desember.

Pada kesempatan itu, Anies juga menyinggung kasus meninggalnya Mega Suryani Dewi akibat kasus kekerasan dalam rumah tangga (KDRT). Menurut Anies, kasus-kasus kekerasan ini tak bisa dibiarkan.

Anies mengklaim dirinya dan pasangan cawapres Muhaimin Iskandar (Cak Imin) bakal mencegah kekerasan terhadap masyarakat, khususnya yang peduli pada kaum marjinal jika terpilih sebagai Presiden dan Wakil Presiden.

"Kami mendedikasikan, kami memberikan komitmen bahwa dari puncak sampai ke bawah kami akan tegakkan hukum pada siapa saja, kami kembalikan marwah kehidupan bernegara yang menempatkan hukum sebagai tempat yang paling tinggi," ungkapnya.

Dalam Pilpres 2024, debat capres-cawapres digelar sebanyak 5 kali. Debat pertama, ketiga, dan kelima merupakan debat khusus capres. Sementara, debat kedua dan keempat merupakan debat khusus cawapres.

Tema debat perdana pada malam ini mengangkat tema hukum dan HAM, pemerintahan, pemberantasan korupsi, penguatan demokrasi, peningkatan layanan publik, dan kerukunan warga.

Tempat debat perdana dibuat dengan desain yang dibuat melingkar layaknya tribun di stadion sepak bola. Kapasitas tempat debat model townhall ini bisa menampung hingga 800 orang.

Dalam pelaksanaannya, debat akan berlangsung selama 150 menit. Khusus sesi debat berjalan selama 120 menit, dan 30 menit sisanya tayangan iklan. Debat terbagi dalam enam segmen.