Kelola Dana ASN Rp270 Triliun, Dirut Taspen Antonius Kosasih 'Manjakan' ASN dengan Dua Program di 2021
Direktur Utama Taspen, Antonius Kosasih. (Foto: Dok. Antara)

Bagikan:

JAKARTA - PT Taspen menegaskan komitmennya dalam peningkatan kesejahteraan aparatur sipil negara (ASN) baik PNS maupun pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (PPPK). Di tahun 2021 ini, Taspen meluncurkan dua program yakni kesejahteraan dan perumahan ASN.

Dikutip dari kontan.co.id, Rabu 17 Februari, Direktur Utama Taspen Antonius Kosasih menjelaskan, program pertama yaitu kesejahteraan ASN adalah ASN bisa berinvestasi atau menabung di Taspen cukup Rp100.000. 

"Sekarang yang paling murah kami telah membuat programnya pertama, sangat terjangkau mulai dari Rp 100.000 per bulan. Sudah membuat pensiun lebih tenang, lebih ayem," ujar pria yang menjabat sebagai Direktur Utama Taspen sejak Januari 2020 tersebut.

Ia melanjutkan, program kedua adalah pembelian perumahan bagi ASN. Program perumahan ini merupakan yang pertama bagi pihaknya untuk berinovasi setelah 57 tahun terbentuknya Taspen. 

Dengan pembelian rumah melalui program ini, kata Antonius Kosasih, ASN bisa membayar uang muka dengan harga serta cicilan terjangkau, sekaligus diberikan jangka waktu cicilan yang panjang. 

"Ini pertama kalinya kami lakukan setelah 57 tahun. Karena programnya baru tersedia sekarang dan kami akan bekerja sama dengan berbagai institusi, BUMN juga, di mana kami akan menyediakan perumahan dengan harga yang terjangkau, tempatnya strategis di seluruh Indonesia," paparnya

Kosasih mengungkapkan, selama 57 berdirinya Taspen yang kerap mengelola keuangan ASN se-Indonesia, telah terkumpul dana Rp270 triliun yang selama ini dikelola. 

"Taspen itu mengelola dana yang dipercayakan pemerintah dana dari bapak atau ibu (ASN) yang 57 tahun kami kumpulkan dan kami kelola jumlahnhya Rp270 triliun," tutur Antonius Kosasih.