Hadapi Malam Tahun Baru 2024, LRT Sumsel Perpanjang Jam Operasional
LRT melintas di atas Sungai Musi, Palembang, Sumsel, Rabu 17 Oktober 2018. (ANTARA FOTO-Nova Wahyudi)

Bagikan:

SUMSEL - LRT Sumatera Selatan (Sumsel) memperpanjang jam operasional hingga pukul 01.00 WIB di malam pergantian tahun baru pada 31 Desember 2023.

Di hari biasa, LRT Sumsel beroperasi mulai pukul 05.06 WIB–20.43 WIB. Adapun perpanjangan jam operasional di malam tahun baru juga telah dilakukan di tahun sebelumnya.

"Tahun ini juga kita akan melakukan hal yang sama (perpanjang jam operasional) termasuk menambah train set dari enam menjadi tujuh train set di beberapa jam peak hour," kata Kepala Balai Pengelola Kereta Api Ringan Sumatera Selatan (BPKARSS) Rode Paulus G.P dalam Ngobras "Optimalisasi Pelayanan LRT Palembang” di Palembang, Sumsel, Rabu 6 Desember, disitat Antara.

Penambahan train set tersebut, lanjut Rode, akan meningkatkan jumlah perjalanan dari 94 menjadi 104 perjalanan.

Rode mengungkapkan, penambahan jam operasional di malam tahun baru pada tahun lalu cukup berdampak signifikan terhadap peningkatan jumlah penumpang. Ia mencatat penumpang LRT pada tanggal 31 Desember 2022 mencapai 22 ribu penumpang. Bahkan, pada hari berikutnya, yaitu 1 Januari 2023, jumlah penumpang menembus angka 33 ribu penumpang.

"Ini penyebabnya karena ada beberapa jalan ditutup selain juga jam operasional yang diperpanjang sampai jam 00.30 WIB," katanya.

Rode memprediksi, peningkatan penumpang pada malam tahun baru nanti akan mencapai 7-10 persen atau sekitar 23 ribu penumpang pada 31 Desember 2023 dan 34 ribu penumpang pada 1 Januari 2024.

"Kami juga sedang diskusikan agar feeder juga tetap beroperasi sehingga banyak orang yang merayakan tahun baru dan meninggalkan kendaraan pribadinya. Tapi soal feeder ini belum resmi. Kita upayakan feeder bisa dilayani dengan jam yang sama dengan LRT," kata Rode.