Mengenal Sosok Benjie Yap, Calon Presiden Direktur Unilever Indonesia Pengganti Ira Noviarti
Benjie Yap (Dok. Unilever)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Sosok Benjie Yap sedang ramai dibicarakan. Ia digadang-gadang bakal menjadi bos baru PT Unilever Tbk (UNVR) menggantikan Ira Noviarti.

Diketahui, Presiden Direktur UNVR Ira Noviarti mengundurkan diri pada 24 Oktober 2023 karena alasan pribadi. Setelah resign, Ira menjual seluruh sahamnya sebanyak 870 lembar dengan total Rp3,17 miliar.

Sebagai tindak lanjut, pemegang saham utama Unilever Indonesia berencana menunjuk Benjie Yap untuk mengisi posisi yang ditinggalkan oleh Ira.

“Pemegang saham utama perseroan berencana untuk mengusulkan Benjie Yap sebagai presiden direktur perseroan yang baru untuk disetujui oleh Rapat Umum Pemegang Saham perseroan yang sama,” ujar Direktur dan Sekretaris Unilever Indonesia Nurdiana Darus dalam keterangan resmi, Rabu, 25 Oktober 2023, dikutip VOI.

Lantas, seperti apa sosok Benjie Yap? Simak informasi selengkapnya berikut ini.

Mengenal Sosok Benjie Yap

Benjie Yap bukan sosok baru di ekosistem perusahaan. Lulusan Chiang Kai Shek College (1980-1986) ini sudah ambil bagian di Unilever sejak puluhan tahun silam.

Benjie Yap bergabung dengan Unilever sejak 1994. Kala itu ia berposisi sebagai technical management trainee dan kemudian menggeluti bidang manufaktur, teknik, hingga pengembangan kemasan.

Benjie kemudian pindah Haluan ke bagian marketing dan menduduki jabatan marketing director of home care pada 2001.

Berikutnya, Benjie bergabung dengan dewan direksi nasional Unilever Philippines, Inc. di Filipina, ia dipercaya sebagai foods managing director, vice president for home care and food, dan vice president for customer development.

Kiprahnya di lini bisnis global Unilever juga sangat terkenal. Benjie tercatat pernah mengemban amanah sebagai product development manager di Port Sunlight UK pada 1999 dan vice president home care Unilever Thailand pada 2009.

Selain menduduki berbagai posisi yang mentereng, Benjie juga mencatatkan beragam prestasi, seperti:

  • IABC CEO Exel Award (2007)
  • AGORA Outstanding Achievement Award for Marketing Management (2015)
  • Anggota Globe Business Council sejak 2021

Tak cukup sampai disitu, Benjie juga diakui sebagai salah satu lulusan terbaik Universitas De La Salle. Ia memiliki gelar BS Industrial Engineering dan mengambil studi zinor Mechanical Engineering.

Karena berkiprah lebih dari 20 tahun di Unilever, Benjie kini diusulkan sebagai Presiden Direktur Unilever Indonesia.

“Perseoran saat ini dalam tahap seleksi kandidat pengganti untuk ketiga posisi direktur lainnya dan akan menginformasikan kandidat direktur yang akan ditunjuk melalui mekanisme RUPS (Rapat Umum Pemegang Saham), sesuai dengan ketentuan yang berlaku serta memperhatikan kebutuhan perseroan,” tutur Nurdiana dalam keterangan tertulis, Rabu, 29 November 2023.

Ilustrasi Unilever
Ilustrasi Unilever (Foto: Dok. Antara)

Manajemen Unilever Indonesia percaya bahwa kompetensi dan kemampuan Benjie Yap dapat membawa UNVR ke arah yang lebih baik.

“Perseroan percaya bahwa kompetensi dan kemampuan dari kandidat presiden direktur yang baru (Benjie Yap) maupun direktur-direktur yang ada saat ini dapat terus berkontribusi pada strategu dan operasi masa depan perseoran,” beber Nurdiana.

Rekomendasi perseroan untuk menjadikan Benjie Yap sebagai Presiden Direktur Unilever akan disepakati melalui RUPS pada 19 Desember 2023 mendatang.

Demikian informasi tentang sosok Benjie Yap, calon bos baru Unilever. Dapatkan update berita pilihan lainnya hanya di VOI.ID.