Bagikan:

BANYUMAS - Satu orang meninggal dunia, tiga orang luka, dan dua orang lainnya mengungsi akibat terdampak tanah longsor di RT 05/RW 01 Desa Klinting, Kecamatan Somagede, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, Senin 4 Desember dini hari.

Selain merobohkan satu rumah yang dihuni dua keluarga, longsor juga menutup total jalan kabupaten yang menghubungkan Klinting-Somagede.

Kepala Pelaksana BPBD Banyumas, Budi Nugroho, mengatakan, longsor terjadi karena eskalasi hujan.

"Akibat eksalasi hujan yang cukup deras dan lama, kemudian terjadilah longsor yang menimpa rumah dan mengakibatkan satu orang meninggal dunia, atas nama Komarudin (21)," kata Budi.

Lebih lanjut Budi mengatakan, tiga orang penghuni rumah tersebut mengalami luka dan dibawa ke RS Siaga Medika, sementara dua lainnya dalam kondisi selamat dan diungsikan.

Terkait upaya penanganan, tim BPBD Banyumas telah menurunkan tim bekerja sama dengan TNI-Polri dan sejumlah relawan dan alat berat untuk membersihkan material longsoran.

Budi menyebutkan pihaknya telah mengedukasi warga di sekitar lokasi terkait potensi longsor.

"Sementara kita sudah mengedukasi untuk warga mengaktifkan siskamling, rumah harus ada yang siaga 24 jam," pungkasnya.

Salah seorang warga setempat, Marsadi Sijan (67), mengatakan, longsor terjadi sekitar 03.30 WIB.

"Awalnya terdengar bunyi pohon tumbang, tidak berselang lama, ada suara titir rojopati (kentongan penanda bencana)," kata Marsadi.

Dia bersama warga lain kemudian keluar rumah dan memeriksa lokasi. Saat itu longsor sudah memenuhi badan jalan dan merobohkan rumah.