Bagikan:

JAKARTA - Pasangan nomor urut tiga, Ganjar Pranowo-Mahfud MD, siap menghadapi debat pertama sebagai tahapan Pilpres 2024. Mereka siap mengusung Program Unggulan Antikorupsi pada Selasa, 12 Desember 2023.

Sebagaimana diketahui, Komisi Pemilihan Umum (KPU) sudah menjadwalkan debat pertama capres-cawapres dilaksanakan pada Selasa, 12 Desember 2023.

Tema yang akan dibahas berkaitan dengan hukum, hak asasi manusia (HAM), pemerintahan, pemberantasan korupsi, dan penguatan demokrasi.

“Pemberantasan korupsi menjadi visi-misi unggulan kami. Korupsi harus disikat habis sampai ke akar-akarnya,” kata Ganjar dalam keterangan tertulisnya yang dikutip pada Sabtu, 2 Desember 2023.

Ganjar bilang isu ini bakal dilahap tuntas bersama Mahfud. Sebab, keduanya telah bersama melaksanakan gerakan antikorupsi saat bertugas sebagai pejabat publik.

Dia juga mengatakan tak memiliki persiapan khusus. Apalagi, Ganjar sudah pernah melaksanakan adu gagasan semacam ini saat maju sebagai calon gubernur selama dua periode.

“Kami sudah siap lahir dan batin. Pas temanya, mitra saya 'kan Prof. Mahfud,” tegasnya.

“Insyaallah, kami sama-sama berpengalaman dan Prof. Mahfud dikenal sebagai pendekar di bidang hukum,” sambung eks Gubernur Jawa Tengah tersebut.

Pelaksanaan debat capres-cawapres diatur dalam Peraturan KPU (PKPU) Nomor 15 Tahun 2023 tentang Kampanye Pemilu 2024.

Kegiatan ini nantinya akan disiarkan langsung secara nasional oleh media massa elektronik melalui lembaga penyiaran publik atau lembaga penyiaran swasta.