Profil Rudi As Aturridha, Mantan Corsec Bank Mandiri yang Kini Jadi Direktur di KAI
Ilustrasi Rudi As Aturridha (Antaranews)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Profil Rudi As Aturridha menarik untuk diperbincangkan terlebih setelah Menteri BUMN Erick Thohir menunjuknya sebagai Direktur Pengembangan Usaha dan Kelembagaan di PT KAI. Lalu siapa ia sebenarnya?

Profil Rudi As Aturridha

Dikutip dari situs Bank Mandiri, Rudi As Aturridha adalah pria kelahiran 1972 dari Lombok Timur. Di situs yang sama dikatakan bahwa Rudi adalah lulusan S1 Universitas Trisakti.

Sebelum bergabung dengan PT KAI, Rudi berkarier di bank BUMN yakni Bank Mandiri. Di bank tersebut ia merupakan Vice President (VP) Corporate Communications Bank Mandiri. Selain itu ia juga ditunjuk menjadi Corporate Secretary (Corsec) menggantikan Rully Setiawan yang saat itu ditugaskan di perusahaan anak yang fokus di perusahaan pembiayaan, yakni PT Mandiri Utama Finance (MUF).

Sebagai seorang Corporate Secretary, Rudi bertanggung jawab untuk mengelola strategi serta komunikasi perusahaan, baik dari sisi korporasi atau pemasaran produk.

Sebelum menjabat sebagai VP Corporate Communications tahun 2019, Rudi As Aturridha juga pernah menduduki beberapa posisi lain yakni sebagai berikut.

  • VP Group Project
  • Secondary and Multipurpose Loan di Consumer Loans Group
  • Area Head Bank Mandiri Daerah Istimewa Yogyakarta
  • Bendahara di BUMN Foundation

Rudi As Aturridha Bergabung ke KAI

Saat ini Rudi As Aturridha resmi ditunjuk oleh Kementerian BUMN sebagai Direktur Pengembangan Usaha dan Kelembagaan PT Kereta Api Indonesia (Persero). Penunjukkan tersebut berdasarkan pada Surat Keputusan Menteri BUMN Nomor SK-322/MBU/11/2023 tanggal 28 November 2023.

Di Bank Mandiri, menurut keterbukaan informasi, dikatakan bahwa posisi Rudi As Aturridha sebagai Sekretaris Perusahaan Perseroan saat ini telah digantikan seiring dengan pemberhentiannya yang efektif berlaku sejak 28 November 2023.

“Sehubungan dengan terdapatnya pemberhentian Sekretaris Perusahan tersebut, fungsi Sekretaris Perusahaan Perseroan dijalankan oleh Direktur Hubungan Kelembagaan Rohan Hafas sampai dengan diangkatnya Sekretaris Perusahaan Perseroan yang baru,” demikian dikutip Rabu, 29 November.

Patut diketahui bahwa dalam perombakan yang dilakukan Kementerian BUMN, Erick juga mengangkat John Robertho menjadi Direktur Strategis dan Pengelolaan Sarana PT Kereta Api Indonesia (Persero).

“Kami mengucapkan selamat kepada Rudi As Aturridha dan John Robertho. Semoga dapat membawa kemajuan bagi perkeretaapian Indonesia,” ucap EVP of Corporate Secretary KAI Raden Agus Dwinanto Budiadji, Selasa, 28 November.

Kementerian BUMN juga memberhentikan secara hormat Eko Purwanto yang sebelumnya menjabat sebagai Direktur Pengelolaan Sarana KAI, yang ditugaskan sebagai Direktur Utama (Dirut) PT KAI.

Terkait hal tersebut EVP of Corporate Secretary Agus mewakili manajemen PT KAI menyampaikan ucapan terimakasihnya pada Eko Purwanto karena sudah mengabdi di KAI.

“Kami juga mengucapkan terima kasih kepada Eko Purwanto atas pengabdian dan dedikasinya selama ini kepada KAI dalam rangka turut memajukan perkeretapian Indonesia,” ucap Agus.

Itulah informasi terkait profil Rudi As Aturridha. Kunjungi VOI.ID untuk mendapatkan informasi menarik lainnya.