1 Personel Tewas Saat Kontak Tembak dengan KKB di Intan Jaya Papua, Satgas Damai Cartenz Kejar Pelaku
Proses evakuasi korban penembakan KKB di Kabupaten Intan Jaya (ANTARA/HO-Humas Satga Damai Cartenz)

Bagikan:

PAPUA - Aparat Keamanan Tim Satgas Operasi Damai Cartenz melakukan pengejaran pelaku penembakan dua personel di Distrik Titigi, Kabupaten Intan Jaya, Papua Tengah. 

Kasatgas Humas Operasi Damai Cartenz 2023 AKBP Bayu Suseno mengatakan, para pelaku diduga merupakan Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) Intan Jaya yang kembali berulah. Satu personel gugur dan satu lainnya terluka. 

"Dalam insiden tersebut dua personel Brimob Polda NTT yang tergabung dalam Satgas Ops Damai Cartenz tertembak hingga kini kedua korban telah dievakuasi ke RSUD Timika guna perawatan intensif,” katanya dalam siaran pers di Jayapura, Antara, Rabu, 22 November. 

Menurut Bayu, satu personel gugur atas nama Bharada Bonifasius Jawa. Ia tertembak bagian ketiak kanan, sedangkan satu lainnya Bharatu Rani Yohanes Seran di bagian kaki kiri.

"Kontak tembak terjadi di Distrik Titigi, Kabupaten Intan Jaya, Papua Tengah, anggota kami tertembak satu gugur dan satu luka tembak di bagian kaki,” ujarnya.

Dia menjelaskan kronologi terjadinya kontak tembak dengan KKB terjadi sekitar pukul 08.20 WIT di saat Tim Gabungan Polres Intan Jaya dan Satgas Damai Cartenz olah TKP melaksanakan pergeseran dari Mako Polres Intan Jaya menuju ke lokasi olah TKP di Distrik Titigi, Kabupaten Intan Jaya,Papua Tengah.

“Pada pukul 12.28 WIT, tim mendapatkan tembakan dari KKB Intan Jaya yang berujung kontak tembak. Dalam kontak tembak tersebut terdapat korban jiwa maupun korban luka dari aparat keamanan," katanya.

Dia menambahkan aparat gabungan TNI/Polri yang tergabung dalam Satgas Operasi Damai Cartenz berupaya melakukan pengejaran terhadap pelaku KKB tersebut.