Bagikan:

JAKARTA - Tiga bulan menjelang Pemilihan Umum 2024, sejumlah logistik kebutuhan pemilu sudah mulai didistribusikan ke daerah-daerah termasuk daerah 3T (tertinggal, terdepan, dan terluar) Indonesia. Calon panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto memastikan TNI ikut terlibat dalam melancarkan pendistribusian logistik tersebut.

Bahkan Jenderal Agus mencontohkan saat Indonesia terdampak pandemi Covid-19. Kala itu, TNI turut dilibatkan untuk mengirimkan vaksin Covid-19 hingga ke daerah pelosok dengan alat-alat yang TNI miliki.

“Akhirnya TNI diperbantukan untuk mendistribusikan (vaksin Covid-19) karena kita punya LCR (landing craft rubber/perahu karet), punya kapal kecil, kapal besar juga, sehingga distribusi sesuai dengan waktu yang ditentukan," kata Jenderal Agus.

"Demikian juga dengan ini, nanti kita akan membantu pendistribusian logistik untuk pemilu tersebut ke daerah-daerah terpencil,” sambung Jenderal Agus.

Jenderal Agus menambahkan, TNI akan bekerja keras menjaga pemilu 2024 berjalan aman dan lancar. Meskipun cuaca di Indonesia tidak menentu, TNI berusaha maksimal agar pendistribusian logistik tidak menemui kendala.

“Kita sekarang musim hujan pasti kendala alamnya sangat mungkin, lautnya juga ya, nanti kita semaksimal mungkin, kita akan bantu dari proses pendistribusian logistik pemilu sampai pencoblosan nanti kita akan bekerja sama,” ucap Jenderal Agus.

Selanjutnya, panglima TNI menerangkan, kelancaran pendistribusian logistik tidak hanya dijalankan satu pihak TNI saja. Tentunya, TNI akan bekerja sama dengan Polri, Bawaslu daerah, KPU daerah hingga tokoh masyarakat.

“Ada tokoh agama, tokoh masyarakat, kita libatkan, ya itu untuk pelibatan TNI di situ dan kita juga sudah melaksanakan deklarasi pemilu damai,” tuturnya.