Singgung Penyerangan Israel ke RS Indonesia di Palestina, Jokowi: Hormati Hukum Humaniter Internasional
Tangkapan layar Presiden Joko Widodo memberikan keterangan pers terkait sikap RI atas situasi di Gaza, Palestina melalui tayangan langsung video, dari Washington DC, Amerika Serikat

Bagikan:

JAKARTA - Presiden Joko Widodo menyinggung aksi bombardir Israel di area Rumah Sakit Indonesia di Gaza bagian utara dalam KTT Luar Biasa Organisasi Kerja Sama Islam (OKI) di Riyadh, Saudi Arabia.

Jokowi meminta semua pihak menghormati hukum humaniter internasional. Hal ini Hal ini disampaikan Jokowi dalam siaran langsung di Washington, D.C. yang sebelumnya berangkat dari Riyadh seusai gelaran KTT OKI.

Jokowi menyampaikan pernyataannya di Washington pada Sabtu, 12 November pukul 21.30 waktu setempat.

"Dan terkait kondisi rumah sakit Indonesia di Palestina saat ini, telah juga saya sampaikan baik saat di KTT dan saat pertemuan bilateral di sela-sela KTT, tentang pentingnya menghormati hukum humaniter internasional," kata Jokowi dalam tayangan YouTube Sekretariat Presiden, Senin, 13 November.

Jokowi menegaaman, pemerintah Indonesia tetap berupaya untuk melindungi rumah sakit yang dibangun dari dana galangan masyarakat Indonesia tersebut, termasuk juga warga Indonesia yang berada di sana.

"Saya ingin kembali tegas dari sejak awal terjadinya serangan pemerintah telah dan akan terus berupaya untuk melindungi WNI serta fasilitas fasilitas publik termasuk Rumah Sakit Indonesia," tegasnya.

Dalam pertemuannya dengan Presiden Amerika Serikat Joe Biden nanti, Jokowi akan menyampaikan pesan khusus dari Presiden Palestina Mahmoud Abbas yang dititipkan untuk Biden.

"Saya juga akan menyampaikan pesan dari Presiden Palestina Mahmoud Abbas yang meminta saya secara khusus untuk menyampaikannya kepada Presiden Biden," ucap dia.

Pada pertemuannya nanti, Jokowi akan menyampaikan resolusi yang disepakati dari hasil pertemuan KTT Luar Biasa Organisasi Kerja Sama Islam (OKI) yang diselenggarakan di Riyadh, Saudi Arabia, pada hari sebelumnya.

Menurut Jokowi, gencatan senjata antara Palestina dan Israel harus segera diwujudkan, bantuan kemanusiaan harus dipercepat dan diperbanyak, serta perundingan damai harus segera dimulai.

Jokowi juga menegaskan fasilitas publik dan kegiatan kemanusiaan tidak boleh menjadi sasaran serangan dan Israel harus bertanggung jawab atas kekejaman yang telah dilakukan.

Pesan ini, lanjut Jokowi, akan ia sampaikan secara langsung kepada Presiden Amerika Serikat Joe Biden dalam kunjungannya ke AS hari ini.

"Alhamdulillah KTT OKI menghasilkan resolusi yang berisi pesan sangat kuat untuk dunia, dan pesan yang sangat kuat untuk dunia dan pesan inilah yang akan saya sampaikan kepada Presiden Biden esok hari. Di mana, ini adalah suara dari 57 negara atau sekitar sepertiga suara negara di dunia," imbuhnya.Singgung Penyerangan Israel ke RS Indonesia di Palestina, Jokowi: Hormati Hukum Humaniter Internasional!