Gerakan Nasional Bulan Cinta Laut 2023 Kumpulkan 820 Ton Sampah
Pantai Kenjeran Surabaya terlihat bersih dari sampah saat digelar Puncak Bulan Cinta Laut 2023 yang diselenggarakan oleh Kementerian Kelautan dan Perikanan, Jumat (10/11/2023). (ANTARA/Hanif Nashrullah)

Bagikan:

SURABAYA - Menteri Kelautan dan Perikanan Sakti Wahyu Trenggono menyatakan Gerakan Nasional Bulan Cinta Laut tahun 2023 terdata telah mengumpulkan sebanyak total 820 ton sampah.

"Sebagian besar yang kami kumpulkan adalah sampah plastik," kata Menteri Sakti Wahyu saat menutup Bulan Cinta Laut tahun 2023 di Pantai Kenjeran, Kota Surabaya dilansir ANTARA, Jumat, 10 November.

Kegiatan yang digalakkan sejak bulan Juli lalu dalam rangkaian peringatan Hari Ulang Tahun ke-24 Kementerian Kelautan dan Perikanan ini melibatkan para nelayan di 18 kabupaten/ kota se-Indonesia untuk memungut sampah dari laut.

Sebanyak 820 ton sampah yang berhasil dikumpulkan oleh para nelayan itu dibayar sesuai harga di daerah masing-masing. Dengan begitu turut memberikan tambahan pendapatan bagi nelayan.

Gerakan Nasional Bulan Cinta Laut telah dua kali digelar oleh Kementerian Kelautan dan Perikanan.

Tahun lalu acara puncak Gerakan Nasional Bulan Cinta Laut diselenggarakan di Bali.

"Tahun ini puncak Gerakan Nasional Bulan Cinta Laut kami gelar di Kenjeran Surabaya. Tahun depan kita belum tahu, bisa jadi di tempat yang lain, yang pasti di luar pulau," ujar Menteri Sakti Wahyu Trenggono.

Menurutnya, Kementerian Kelautan dan Perikanan RI bertekad menjadikan Gerakan Nasional Bulan Cinta Laut sebagai kegiatan rutin setiap tahun.

"Diharapkan dapat mengedukasi nelayan dan masyarakat untuk menjaga laut, khususnya dari sampah plastik, yang ditargetkan turun hingga 70 persen di tahun 2025, sebagaimana telah dicanangkan oleh Presiden Joko Widodo," katanya.

Puncak Gerakan Nasional Bulan Cinta Laut 2023 di Pantai Kenjeran Surabaya dimeriahkan oleh penampilan kelompok musik rock legendaris "Slank", dengan membawakan sejumlah lagu-lagu hits yang telah banyak dihafal penonton.

"Selamat merayakan Bulan Cinta Laut. Ini adalah penampilan kedua Slank di Kementerian Kelautan dan Perikanan RI," ucap vokalis Slank Kaka.