Bagikan:

JAKARTA - Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono menyebut semua jajaran Pemprov DKI untuk melakukan pengerukan sungai hingga kali pada minggu depan.

Hal ini diungkapkan Heru usai meninjau pengerukan Sungai Ciliwung pada aliran di Kelurahan Kebon Baru, Tebet, Jakarta Selatan dan Kelurahan Bidara Cina, Jatinegara, Jakarta Timur.

"Pemda DKI melalui Dinas SDA melakukan bungai pengerukan. Jadi, terus kita keruk kali-kali yang memang harus direvitalisasi. Minggu depan akan melakukan kerja bakti semua se-Jakarta," kata Heru, Jumat, 10 November.

Heru menyebut, pengerukan ini akan dilakukan oleh para PJLP seperti petugas prasarana dan sarana umum (PPSU) hingga aparatur sipil negara (ASN).

"Semua alat berat kita turunkan supaya bisa mengantisipasi banjir," ungkap Heru.

Sejak bulan lalu Dinas Sumber Daya Air (SDA) DKI Jakarta telah melakukan pengerukan sungai di sejumlah titik. Total, sudah ada 240 alat berat yang dikerahkan untuk mengeruk lumpur di sungai.

"Tadi kadis SDA menyampaikan, hari ini di semua titik bergerak. Ada 240 alat berat semuanya turun mengeruk kali supaya bisa mengantisipasi banjir," ucap Heru.

Dengan upaya ini, Heru berharap intensitas banjir daerah-daerah rawan akibat hujan maupun banjir kiriman akan berkurang dan genangan lekas surut. Meskipun, Heru mengaku tidak mungkin daerah rawan tersebut langsung terhindar banjir.

"Mudah-mudahan genangannya cepat surut. Jakarta tidak bisa terhindar dari banjir karena penurunan muka tanah terus turun. Coba buka di data, terus turun. Makanya di daerah tertentu kita bikin juga pompa. Ada pompa mobile dan pompa statis," imbuhnya.