Siapa Mau! Mensos Risma Lelang Mobil Roll-Royce, Duitnya untuk Korban Bencana
Mensos Tri Rismaharini (Risma)/DOK. Humas KPK

Bagikan:

JAKARTA – Menteri Sosial (Mensos) Tri Rismaharini berniat melakukan lelang tiga unit mobil mewah yang berasal dari undian berhadiah sebuah maskapai nasional yang tidak diambil oleh pemenangnya. Informasi ini dia kemukakan di Surabaya, hari ini Sabtu, 13 Februari.

Rencananya, uang yang nanti terkumpul akan digunakan untuk menambah anggaran bencana sehingga dapat bermanfaat bagi masyarakat luas. Lebih lanjut, birokrat asal Kota Surabaya itu mengungkapkan bahwa terbengkalainya tiga mobil mewah ini berdasarkan kabar dari Sekretaris Kabinet Pramono Anung.

“Ada mobil mewah hasil undian yang tidak diambil pemenangnya, satu Roll Royce dan dua lagi Mercedes Benz,” ujarnya.

Namun, sebelum hal ini ditindaklanjuti dia akan berkomunikasi terlebih dahulu dengan pihak terkait guna mencegah potensi kesalahan prosedur di masa yang akan datang.

“Kita akan koordinasi dulu dengan Kementerian Keuangan mudah-mudahan bisa,” tuturnya.

Berdasarkan informasi yang dihimpun redaksi, tiga mobil yang tergolong kendaraan kelas atas itu teronggok lantaran pemenang yang telah ditetapkan tidak berminat memboyong ‘angpaonya’ tersebut. Sebab, pengenaan pajak hadiah yang tinggi membuat orang beruntung itu memilih mengembalikan persembahannya kepada negara.

“Pemenang kuis sepertinya tidak kuat bayar pajak, jadi gak diambil. Nanti kita urus gimana-gimananya karena Kementerian Sosial memang menangani soal undian-undian seperti ini,” kata dia.

Meski demikian, Risma tidak merinci harga jual dan jenis mobil yang akan dilelang pihaknya itu.

“Wes pokoke ngono lah," imbunya.

Untuk diketahui, tiga unit mobil ini merupakan sisa undian maskapai Batik Air bertajuk “Terbang dengan Batik Air Pulang Bawa Roll Royce” dari periode 2015 silam. Kala itu, airlines yang satu grup dengan Lion Air ini menyediakan 10 unit Honda Jazz, lima unit Mercedes-Benz S-Class, dan undian utama satu unit Rolls Royce.

Dari flyer promosi, diperkirakan mobil Rolls Royce yang diundi bertipe Ghost dengan rentang harga Rp18 hingga Rp25 miliar. Adapun, Mercedes-Benz S-Class termurah Rp2,5 miliar.

Artinya, apabila Risma jadi melelang tiga kendaraan ini dipastikan dia bisa menambah anggaran bagi korban bencana alam sebesar Rp23 miliar.