Muhadjir di Aksi Bela Palestina: Jangan Ragu dengan Sikap Pemerintah, Kita Dukung Sampai Merdeka
Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy di Aksi Bela Palestina, Monas, Jakarta, Minggu 5 November (Diah Ayu/VOI)

Bagikan:

JAKARTA - Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy menegaskan bahwa pemerintah tegas mendukung Palestina dengan mengerahkan semua bantuan yang bisa diserahkan.

Hal ini diungkapkan Muhadjir dalam orasi dari atas panggung di hadapan massa aksi bela Palestina yang memadai kawasan Monumen Nasional.

"Saya hadir mewakili pemerintah Republik Indonesia, ditugaskan oleh Bapak Presiden, bertiga, tidak main-main. Menko PMK, Menteri Luar Negeri, dan Menteri Agama. Apa artinya? Artinya kita semua jangan ragu dengan sikap pemerintah Indonesia, kita akan dukung Palestina dengan seluruh kekuatan kita sampai Palestina merdeka. Allahu Akbar!" seru Muhadjir, Minggu, 5 November.

Muhadjir lantas mengajak seluruh orang yang hadir dalam aksi bela Palestina untuk melantunkan salawat untuk mendoakan Palestina bisa merdeka.

"Saya mengajak semuanya bersalawat agar manfaat salawat bisa memperkuat doa kita agar doa-doa kita seluruh rakyat indonesia terutama yang 2 juta hadir di monas ini dikabulkan oleh Allah segera, agar rakyat palestina terlepas dari penderitaan yang berkepanjangan," urai Muhadjir.

Terdengar alunan lagu pengiring dan Muhadjir mulai memandu salawat tersebut. Massa aksi ikut menyanyikan lantunan salawat sambil mengibarkan bendera Palestina.

Selain itu, dalam orasinya, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi menyebut bahwa pemerintah telah mengirimkan bantuan kemanusiaan ke Palestina. Pelepasan pengiriman bantuan 51,5 ton berupa makanan, alat medis, hingga logistik ini dipimpin langsung Presiden Joko Widodo pada Sabtu, 4 November lalu.

"Kemarin bantuan pertama sudah diberangkatkan langsung oleh Presiden Jokowi dan ini bukan hanya bantuan pemerintah tetapi seluruh masyarakat indonesia yang disalurkan melalui lembaga-lembaga kemanusiaan," ungkap Retno.

Tampak sejumlah tokoh menghadiri kegiatan ini. Di antaranya Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Muhadjir Effendy, Menteri Agama RI Yaqut Cholil Qoumas, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, Wakil Presiden RI ke-10 dan ke-12 Jusuf Kalla.

Hadir juga Wakil Ketua MUI Anwar Abbas, Imam Besar Masjid Istiqlal Nasaruddin Umar, Wakil Ketua MPR RI Jazilul Fawaid, hingga mantan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.

Para tokoh lintas agama juga turut hadir dalam aksi bela Palestina. Aksi ini dikoordinir oleh Majelis Ulama Indonesia (MUI). Para menteri hingga pejabat negara turut melontarkan orasi membela Palestina dari penjajahan Israel. Bendera Palestina dan Indonesia berkibar di seluruh penjuru kawasan Monas.