Bagikan:

JAKARTA - Kawasan Monumen Nasional (Monas) dipenuhi massa aksi bela Palestina yang digelar oleh elemen masyarakat yang tergabung dalam Aliansi Rakyat Indonesia pagi ini. Di atas panggung, panitia mendapat informasi bahwa 1,4 juta orang memadati area Monas.

"Kami mendapat informasi bahwa aksi ini dihadiri 1,4 juta orang. Ini baru yang ada di dalam Monas," kata panitia, Minggu, 5 November.

Para menteri, pejabat negara hingga elite politik juga melontarkan orasi membela Palestina dari agresi membabibuta Israel ke Gaza.

Tampak sejumlah tokoh menghadiri aksi ini. Adapun di antaranya Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Muhadjir Effendy, Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, Wakil Presiden ke-10 dan ke-12 RI Jusuf Kalla, Imam Besar Masjid Istiqlal Nasaruddin Umar, Wakil Ketua MPR Jazilul Fawaid, hingga mantan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.

Selain itu, para tokoh lintas agama juga turut hadir dalam aksi yang dikoordinir oleh Majelis Ulama Indonesia (MUI) ini. 

Untuk pengamanan aksi bela Palestina, Polda Metro Jaya mengerahkan 3.448 personel gabungan. Aksi bela Plestina bakal digelar di kawasan Monas Jakarta Pusat pada Minggu, 5 November.

"Total personel gabungan untuk pengamanan aksi sebanyak 3.448 personel," kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Trunoyudo Wisnu Andiko saat dikonfirmasi, Sabtu 4 November.

Trunoyudo menyebut personel gabungan itu terdiri dari unsur Polri, TNI dan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta di antaranya Satpol PP, Dinas Perhubungan, Dinas Kesehatan dan Pemadam Kebakaran.

"Dari Polri 2.774 personel meliputi Polda Metro Jaya dan Polres, lalu unsur TNI 500 personel, dan Pemda DKI sebanyak 98 personel," jelasnya.

Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya juga telah menyiapkan rekayasa lalu lintas meski masih bersifat situasional. "Rekayasa lalu lintas kita siapkan, tapi sifatnya situasional," ucapnya.

Adapun rekayasa lalu lintas yang disiapkan untuk mengatur pergerakan masa Aksa Bela Palestina yakni sebagai berikut:

1. Arus Lalu Lintas dari arah Jalan Harmoni arah Majapahit dialihkan ke Jalan Juanda dan Jalan Suryopranoto.

2. Arus Lalu Lintas dari arah Jalan Budi Kemuliaan ke arah Gambir dialihkan ke Jalan Medan Merdeka Barat, Jalan Majapahit, dan Jalan Harmoni.

3. Arus Lalu Lintas di Jalan Medan Merdeka Selatan kedua arah Timur dan Barat dialihkan.

4. Arus lalulintas dari arah Tugu Tani menuju Jalan Medan Merdeka Selatan diluruskan ke arah Jalan Medan Merdeka Timur.