Bagikan:

JAKARTA – Dinas Kesehatan (Dinkes) Jakarta Selatan menyebut ada 7 warga yang terpapar Cacar Monyet atau Monkey Pox (Mpox) yang kini sedang melakukan isolasi di RSUD Jakarta Selatan dan RSPI Sulianti Saroso, Jakarta.

“Di Jakarta Selatan sudah ditemukan 7 kasus dan semua pasien sudah dilakukan rawat isolasi di RSUD di jaksel dan RSPI Sulianti Saroso,” kata Kepala Suku Dinas Kesehatan Jakarta Selatan Yudi Dimyati dalam pesan singkat, Selasa, 31 Oktober.

Lebih lanjut, kata Yudi, untuk langkah preventif, pihaknya melakukan vaksinasi mulai dari 23 hingga 30 Oktober, kemarin.

“Vaksinasi Mpox mulai pada 23 Oktober sampai 30 Oktober. Saat ini sudah selesai pelaksanaan dan sedang dievaluasi oleh dinas,” katanya.

Yudi menyebut vaksinasi untuk cacar monyet ini sifatnya terbatas. Bahkan, untuk penyebaran informasinya hanya melalui beberapa layanan.

“Saat ini sudah 189 orang di Jakarta Selatan yang mendapatkan vaksinasi tersebut. Karena vaksinnya memang terbatas jadi diprioritaskan pada populasi. Makanya pendaftarannya tidak disebarluaskan melalui media,” ujarnya.'

Untuk mencegah terjadinya penularan Mpox, kata Yudi, ada 4 cara.

1. Berhubungan seksual yang aman, bersih, sehat. Jika sedang demam atau gejala lenting isi air atah nanah, jerawat, kemerahan, koreng, jangan berhubungan seksual dulu (baik oral atau genital)

2. Hindari kontak fisik kulit dengan kulit pada luka

3. Pola hidup bersih sehat dengan rajin cuci tangan pakai air mengalir dan sabun dan pakai masker.

4. Vaksinasi pada kelompok rentan berisiko tinggi.