Bagikan:

JAKARTA - Satgas Operasi Damai Cartenz menyebut 6 korban pembantaian Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) ditemukan dalam kondisi mengenaskan di sekitar Kali I, Dekai, Kabupaten Yahukimo, Papua Pegunungan, Jumat, 27 Oktober. Dua di antaranya dibakar oleh kelompok separatis tersebut.

"Ada (dua korban) yang kondisinya dibakar oleh KKB," ujar Kasatgas Humas Damai Cartenz 2023 AKBP Bayu Suseno dalam keterangannya dikutip, Sabtu, 28 Oktober.

Dua korban yang dibakar oleh KKB yakni Akmal (23) dan Andika (27). Sementara lainnya, Oktavianus Lenteng alias Boplang (25), Marselinus Luik (34), Ibrahim, dan Rangga ditemukan dengan kondisi membusuk.

Saat ini, seluruh jenazah diserahkan kepada pihak keluarga. Bahkan, telah dikebumikan pada 27 Oktober, sore.

"Betul, setelah kita dapat mengidentifikasi para korban, keenam jenazah kita serahkan ke pihak keluarga untuk dimakamkan. Dan jam 6 sore sudah langsung dimakamkan di TPU Kilometer 6 Dekai Yahukimo" sebut Bayu.

Di sisi lain, perihal pengusutan pelaku pembantaian, Bayu menyatakan pihaknya bersama-sama dengan TNI akan menindak tegas para pelakunya yang telah melakukan pembantaian terhadap warga.

"Kami bersama TNI akan tindak tegas. kami akan lakukan pengejaran dan penegakan hukum terhadap KKB," pungkas Bayu.