Bagikan:

JAKARTA - Anggota Majelis Tinggi Partai Demokrat Syarief Hasan buka suara soal kabar masuknya Demokrat dalam kabinet pemerintahan Presiden Joko Widodo menjelang isu reshuffle kabinet untuk mengisi kursi menteri pertanian.

Isu Ketua Umum Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) bakal menjadi menteri pertanian menguat setelah putra sulung Presiden ke-6 RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) itu mengunggah soal 'Apel Malang' di media sosial pribadinya.

"Itu hak prerogatif presiden," ujar Syarief Hasan saat dikonfirmasi VOI, Selasa, 24 Oktober.

Senada, Deputi Bappilu DPP Partai Demokrat Kamhar Lakumani, menegaskan reshuffle kabinet adalah hak prerogatif presiden. Dia bilang, partainya tidak ingin mengomentari hal yang berandai-andai.

"Saat ini fokus utama dan prioritas kami adalah mempersiapkan diri menghadapi Pilpres dan Pileg yang kurang dari 4 bulan lagi," kata Kamhar saat dihubungi VOI, Selasa, 24 Oktober.  

Kamhar mengatakan, Demokrat tengah berikhtiar untuk menghantarkan bakal capres Koalisi Indonesia Maju (KIM) Prabowo Subianto sebagai Presiden RI ke-8. "Dan memenuhi target keterisian kursi di seluruh dapil pada pileg mendatang," katanya.

Sementara soal pertemuan AHY dan Presiden Jokowi di Istana kepresidenan kemarin, Kamhar mengaku belum mengetahui isi pembicaraan keduanya. Khususnya mengenai Demokrat bakal masuk ke kabinet Indonesia Maju.  

"Terkait pertemuan kemarin sore antara Presiden Jokowi dengan Mas Ketum AHY, kami belum mengetahui apa yang menjadi pembicaraannya," kata Kamhar.

Sebelumnya, AHY mengunggah persoalan pertanian di akun instagramnya pada Senin, 23 Oktober. Unggahan tersebut muncul di tengah wacana perombakan kabinet pemerintahan Jokowi-Ma'ruf Amin yang menguat lagi pada pekan ini.

"Jangan lupa untuk selalu konsumsi produk pertanian lokal kita, salah satunya produk unggulan dari Jawa Timur, yaitu apel malang," demikian tulis AHY pada akun Instagramnya yang dilihat Selasa, 24 Oktober.

"Pertanian kita adalah salah satu sektor yang perlu kita bangun dan dorong untuk bangkit dan maju," imbuhnya.

AHY juga menyebut Partai Demokrat akan terus mendorong terjaminnya ketersediaan pupuk, hadirnya inovasi, teknologi, dan sumber daya manusia di bidang pertanian.

"Agar kita semakin mandiri dan produktif utamanya dalam menyediakan ketersediaan pangan," kata AHY.