Dua Pencuri Besi Penutup Saluran Air di Menteng Gunakan Bajaj Saat Beraksi
Dua pencuri besi penutup saluran air di Menteng, Jakpus

Bagikan:

JAKARTA - Dua orang pemuda terekam kamera CCTV tengah mencuri grill besi penutup saluran air di depan sebuah hotel, kawasan Menteng, Jakarta Pusat, Jumat, 20 Oktober, dini hari.

Dalam rekaman CCTV tersebut, kedua pencuri itu beraksi menggunakan sebuah bajaj. Diduga kuat, pelaku merupakan komplotan spesialis pencurian besi grill penutup saluran. Pelaku berjumlah lebih dari dua orang.

"Kejadian di depan Hotel Zia Sanno, Jalan Pegangsaan Barat, Menteng. Kejadian terjadi sekitar pukul 04.00 WIB dan aksinya terekam CCTV, wajah pelaku terekam jelas tuh," kata Firman, salah satu warga sekitar lokasi kepada wartawan, Jumat, 20 Oktober.

Sementara Firman meyakini jika pelaku lebih dari dua orang. Sebab, mereka beraksi menggunakan kendaraan umum jenis bajaj.

"Kayaknya mereka sudah terbiasa mencuri. Pelaku sekitar 3 orang, yang dua orang bertugas mengambil besi dan yang satu orang sopir bajajnya," katanya.

Hingga berita ini ditulis, Kepala Suku Dinas Binamarga Jakarta Pusat, Sholeh belum memberikan tanggapan terkait aset milik Pemprov DKI Jakarta yang dicuri maling. Ketika VOI mengkonfirmasi, Soleh tak merespon.

Puluhan besi penutup tali air atau grill di wilayah Kecamatan Menteng dan Senen, hilang dicuri maling pada Selasa, 15 Agustus, lalu. Akibatnya banyak sampah yang masuk ke dalam saluran.

Dari pantauan wartawan di lokasi, besi penutup atau grill tersebut banyak yang hilang seperti di Kawasan Strategis Daerah (KSD) Gubernur DKI Jakarta di Jalan Cikini Raya, Raden Saleh dan Jalan Kramat Raya. Akibat penutup itu hilang, tali-tali air tersebut dipenuhi tumpukan sampah botol air mineral, puntung rokok hingga dedaunan.