RI-Arab Saudi Perkuat Kerja Sama Melalui Dewan Koordinasi Tertinggi
Presiden Joko Widodo (Jokowi) bertemu dengan Perdana Menteri (PM) Kerajaan Arab Saudi Mohammed bin Salman al-Saud di Istana Al-Yamamah, Riyadh, Arab Saudi, Kamis (19/10/2023). ANTARA/HO-Biro Pers Sekretariat Presiden/Laily Rachev

Bagikan:

JAKARTA - Presiden Joko Widodo menyambut baik upaya-upaya penguatan hubungan kerja sama Indonesia dan Kerajaan Arab Saudi dengan pembentukan Dewan Koordinasi Tertinggi Indonesia-Arab Saudi.

"Karena memang di tengah situasi dunia yang makin terbelah, persahabatan seperti yang dibangun dua negara kita makin diperlukan," kata Presiden Jokowi saat melakukan pertemuan bilateral dengan Perdana Menteri (PM) Kerajaan Arab Saudi (KAS) Mohammed bin Salman al-Saud di Istana Al-Yamamah, Riyadh dilansir ANTARA, Kamis, 19 Oktober.

Dikutip dari keterangan Biro Pers Sekretariat Presiden, pertemuan bilateral antara Presiden Jokowi dan Perdana Menteri Mohammed bin Salman al-Saud menghasilkan beberapa nota kesepahaman atau memorandum of understanding (MoU).

Nota kesepahaman tersebut ditandatangani oleh pemerintah Indonesia dan Arab Saudi dengan disaksikan Presiden Jokowi dan Perdana Menteri Mohammed bin Salman al-Saud.

Selain pembentukan Dewan Koordinasi Tertinggi antara Republik Indonesia dan Kerajaan Arab Saudi, nota kesepahaman lainnya adalah mengenai kerja sama teknis antara Badan Standardisasi Nasional (BSN) dan Organisasi Standar, Metrologi, dan Kualitas Saudi, kerja sama di bidang pemuda dan olahraga, dan kerja sama jaminan produk halal.