2.000 Personel Gabungan Bersiaga Saat Pendaftaran Capres-Cawapres: Rute yang Dilewati Juga Dijaga
Ilustrasi Polri (ANTARA)

Bagikan:

JAKARTA - Dua Bakal Calon Presiden dan Wakil Presiden (Bacapres dan Bacawapres) akan mendaftar dalam konstestasi Pemilihan Umum (Pemjlu) 2024 di Kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU), Jakarta, hari ini. Sekitar 2.000 personel gabungan dikerahkan guna mengamankan proses pendaftaran.

"Ada 2.000 personel yang disiapkan," kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Trunoyudo Wisnu Andiko dikutip Kamis, 19 Oktober.

Sejauh ini, belum dirici mengenai pola pengamanan yang akan diterapkan. Hanya dikatakan ribuan personel itu juga akan disiagakan di sepanjang rute yang akan dilewati oleh para kandidat dan pendukungnya.

"Dijaga juga rute yang akan dilewati para pasangan calon," kata Trunoyudo.

Tak hanya pengamanan, Polda Metro Jaya juga menerapkan pengalihan arus lalu lintas di sekitaran kantor KPU. Rekayasa ini dilakukan sejak pukul 06.00 WIB.

"Kamis 19 Oktober 2023 pukul 06.00 sampai dengan selesai akan dilaksanakan pendaftaran Capres dan Cawapres di KPU RI," tulis akun Instagaram @tmcpoldametro dikutip Kamis, 19 Oktober.

Masyarakat yang melintas di sekitaran kantor KPU atau Jalan Imam Bonjol diminta untuk melintas di jalur alternatif. Sehingga, tak terjebak kemacetan.

Berikut ini, ruas jalan yang dialihkan terkait pengamanan pendaftaran capres dan cawapres;

1. Kendaraan dari arah Bundaran HI yang menuju Jalan Imam Bonjol akan dialihkan ke Jalan H Agus Salim maupun Jalan Pamekasan

2. Kendaraan dari arah Jalan H Agus Salim yang menuju Jalan Imam Bonjol diluruskan ke Jalan Pamekasan atau belok ke kanan ke arah Bundaran HI

3. Kendaraan dari arah Jalan Rasuna Said yang menuju Jalan Imam Bonjol diluruskan ke Jalan Hos Cokroaminoto atau belok ke kanan ke Jalan Diponegoro

4. Kendaraan dari arah Jalan Diponegoro yang menuju Bundaran HI dialihkan ke kiri Jalan Rasuna Said maupun ke kanan Jalan Hos Cokroaminoto

Adapun, dua pasang calon (paslon) Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar dan Ganjar Pranowo-Mahfud MD akan mendaftar sebagai Calon Presiden dan Wakil Presiden.

Untuk pasangan Anies-Muhaimin akan lebuh dulu mendaftar ke KPU. Diperkirakan sekitar pukul 08.00 WIB.

Kemudian, disusul pasangan Ganjar Pranowo-Mahfud MD. Rencananya mereka akan mendaftar ke KPU pada pukul 11.00 WIB.