Nelayan Garut Hilang 4 Hari saat Cari Rumput Laut di Rancabuaya Ditemukan Tak Bernyawa
Petugas mengevakuasi seorang nelayan yang ditemukan tewas setelah sempat hilang terseret ombak di Pantai Rancabuaya, Kabupaten Garut, Jawa Barat, Rabu (18/10/2023). (ANTARA/HO-Polres Garut)

Bagikan:

GARUT - Jasad nelayan bernama Emud (41) yang sempat dilaporkan hilang selama empat hari karena terseret ombak saat mencari rumput laut dievakuasi.

Kepala Satuan Polisi Air dan Udara (Sarpolairud) Polres Garut AKP Anang Sonjaya mengatakan korban merupakan warga Desa Sukarame, Kecamatan Caringin, hilang di perairan Rancabuaya, Garut pada Minggu 15 Oktober.

"Telah ditemukannya mayat korban laka laut atas nama Emud seorang warga yang terseret ombak ketika sedang mencari rumput laut pada Minggu,15 Oktober 2023," katanya di Garut, Rabu 18 Oktober, disitat Antara.

Ia menuturkan, korban dilaporkan hilang saat mencari rumput laut di kawasan Pantai Rancabuaya, kemudian petugas gabungan melakukan pencarian dengan menyisir pantai dan ke tengah lautan menggunakan perahu.

Korban, kata dia, akhirnya berhasil ditemukan oleh masyarakat yang sedang beraktivitas di pesisir Pantai Rancabuaya, Rabu pagi, dengan kondisinya sudah meninggal dunia tergeletak di antara karang.

"Anggota yang menerima laporan tersebut langsung menuju ke lokasi penemuan untuk melakukan evakuasi korban," katanya.

Ia menyampaikan, korban langsung dibawa ke pihak keluarganya untuk segera dimakamkan, dan pihak keluarga menerima kejadian itu sebagai musibah dan tidak mau dilakukan autopsi.

"Pihak keluarga korban menolak untuk dilakukan autopsi dan menerima kejadian tersebut sebagai musibah," katanya.

Sementara itu, kecelakaan laut menimpa nelayan hingga hilang terseret ombak juga terjadi pada Yanto Suprianto (35) di Pantai Cibalong, Garut, Senin 9 Oktober.

Nelayan tersebut terseret ombak saat mencari ikan dengan cara tradisional yaitu menyelam di perairan wilayah Cibalong, dan hingga saat ini masih dinyatakan hilang.

Petugas gabungan sudah melakukan pencarian dengan menyusuri pantai dan juga ke tengah lautan, namun sudah lebih dari sepekan pencarian, korban belum juga ditemukan, kemudian diputuskan dihentikan dan lanjut statusnya pemantauan.

"Pencarian dihentikan dilanjut pemantauan," katanya.