Pemkot Surabaya Percantik Pinggir Sungai Kalimas dengan Tabebuya
Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi menanam Pohon Tabebuya di pinggir Sungai Kalimas atau halaman Museum Pendidikan area Taman Ekspresi Kota Surabaya, Rabu (18/10/2023). (ANTARA/HO-Diskominfo Surabaya)

Bagikan:

SURABAYA - Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya, Jawa Timur, mempercantik pinggir Sungai Kalimas dengan menanam Pohon Tabebuya bantuan dari swasta.

"Saya yakin pohon Tabebuya ini akan memberikan keindahan, terutama apabila ditanam di pinggir Sungai Kalimas ini," kata Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi saat menerima bantuan sebanyak 55 pohon Tabebuya dari PT Kamadjaja Logistics di halaman Museum Pendidikan area Taman Ekspresi Surabaya, dilansir ANTARA, Rabu, 18 Oktober.

Bantuan itu diberikan langsung oleh Deputy CEO PT Kamadjaja Logistics Ivy Kamadjaja kepada Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi. Bahkan, seusai penyerahan itu, Wali Kota Eri bersama Ivy Kamadjaja langsung melakukan penanaman pohon tabebuya itu di sisi utara Museum Pendidikan atau di pinggir Sungai Kalimas.

Wali Kota Eri menyebutkan bahwa pohon itu adalah sebuah tanda kehidupan. Ketika pohon ini terus berkembang dan tumbuh semakin besar dan itu bisa memberikan manfaat dan memberikan keindahan kepada orang lain, tentunya yang memberikan bantuan itu akan mendapatkan pahala secara terus menerus dari keindahan pohon tersebut.

Karena itu, ia langsung memerintahkan kepada Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Surabaya Agus Hebi Djuniantoro untuk menanam pohon Tabebuya itu di pinggir Sungai Kalimas.

Bahkan, lanjut dia, bisa pula disediakan di salah satu tempat, yang mana pohon-pohonnya dipindahkan semuanya lalu diganti pohon Tabebuya itu, sehingga kalau Tabebuya itu sudah besar dan berbunga, akan semakin indah ketika menikmati susur sungai.

"Pasti akan sangat cakep. Tapi tolong nanti diberikan jarak antar pohon, diukur jaraknya 55 pohon itu, sehingga tidak berbenturan. Jadi, nanti Tabebuya itu tidak hanya ada di jalanan, tapi juga ada di pinggir sungai," ucapnya.

Selain itu, Wali Kota Eri juga meminta ketika Tabebuya itu sudah tumbuh besar, di bawahnya harus diberikan tulisan PT Kamadjaja Logistics, sehingga semua orang tahu bahwa itulah pohon yang dibantu oleh investor. Itulah semangatnya warga Surabaya, semangatnya perusahaan yang ada di Surabaya.

"Dengan cara itu, Insya Allah akan memacu semangat warga Surabaya untuk selalu mengembangkan Kota Surabaya dengan kekuatan kekeluargaan, dengan kekuatan kebersamaan yang sangat luar biasa," katanya.

Sementara itu, Deputy CEO PT Kamadjaja Logistics Ivy Kamadjaja memastikan perusahaannya tidak hanya berada di Surabaya, tapi sudah berkembang tumbuh ke hampir seluruh kota besar di Indonesia dengan beberapa partner yang berasal dari luar negeri.

Namun, apa pun dan dimana pun perusahaannya berada, ia memastikan Surabaya adalah yang utama, karena Surabaya bagi dia adalah rumahnya.

"Untuk itu, dalam acara yang sederhana ini, kami ucapkan terimakasih kepada Pemkot Surabaya melalui Bapak Wali Kota yang telah berkenan menerima 55 pohon Tabebuya dan 550 bingkisan untuk anak-anak Surabaya yang membutuhkan," katanya.

Dia juga yakin hubungan dan kerja sama antara perusahaannya dengan Pemkot Surabaya tidak hanya berhenti sampai di situ. Sebab, ia mengaku sangat bangga menjadi warga Surabaya dan memastikan akan selalu memberikan yang terbaik untuk Kota Surabaya.

"Sekali lagi kami ucapkan terima kasih kepada Pak Eri dan jajarannya. Kami berdoa semoga Pak Eri selalu sehat dan selalu kuat dalam memimpin Surabaya," ujarnya.