Ketika Prabowo Jadi Kalem dan Minta Kadernya Jaga Indonesia dari Kegaduhan
Prabowo Subianto (Foto: Instagram @prabowo)

Bagikan:

JAKARTA - Saat peringatan hari ulang tahun Partai Gerindra ke-13, Prabowo Subianto memberi sambutan dengan bahasa yang kalem. Lewat tayangan Youtube GerindraTV, Prabowo mengaku saat ini dirinya merasa harus banyak menahan diri demi kepentingan yang besar. 

Sayangnya, Ketua Umum Gerindra tersebut tidak menyebut apa kepentingan yang dimaksud.

"Kadang-kadang saya juga harus banyak-banyak menahan diri demi kepentingan yang besar, demi kepentingan partai dan seluruh rakyat Indonesia," kata Prabowo, dikutip Selasa, 9 Februari.

Prabowo mengaku bahwa Gerindra belum bisa menjadi partai yang berkuasa dengan mutlak. Namun, Prabowo meminta realita yang ada tidak menyurutkan semangat kader Gerindra.

"Kita tetap ingin berkuasa dengan halal, dengan legitimate, dengan konstitusional. Kita ingin berkuasa dengan izin rakyat. kita ingin berkuasa dengan perjuangan yang baik, tapi jangan pernah ragu bahwa kita terus punya keyakinan, bahwa kita mampu memperbaiki bangsa ini," ungkap Prabowo.

Prabowo juga meminta kadernya untuk tidak membuat kegaduhan dalam situasi pandemi COVID-19 yang masih melanda di Indonesia. Kata Prabowo, pandemi COVID-19 membuat hampir semua negara menghadapi krisis kesehatan hingga menghentikan laju roda perekonomian dunia.

"Mari buat Gerinda menjadi salah satu kekuatan yang membantu penyelesaian masalah-masalah bangsa. Jangan ada kader kita yang justru di tengah kesulitan bangsa kita, memperparah dengan menimbulkan isu-isu atau kegaduhan kegaduhan yang tidak perlu," tutur dia.

Rivalitas dengan partai lain, bagi Prabowo, adalah hal lumrah dalam politik. Tetapi, menurut mantan calon presiden Pilpres 2019 itu, rival bukan berarti lawan atau musuh Gerindra, melainkan saudara. 

Ia mengingatkan agar kadernya tidak menganggap partai lain adalah musuh. Bersaing dalam politik, bukan berarti menjadi musuh. Mereka, kata Prabowo harus dianggap sebagai saudara.

"Rival politik bukan musuh politik. Mereka adalah saudara-saudara kita. Karena itu saya minta partai Gerindra selalu santun selalu sopan menghujat jangan pakai kata-kata kasar," kata Prabowo.

Oleh sebab itu, Prabowo meminta Gerindra menjadi partai yang selalu mencari solusi kebersamaan. "Mencari solusi kompromistik, yang tidak egoistis, yang tidak mau menang sendiri, tapi mencari jalan keluar yang terbaik untuk semua pihak," ucap dia.