OKU Sumsel Kembali Karhutla, Si Jago Merah Lahap 20 Hektare
Ilustrasi pemadaman karhutla. (Antara-Edo Purnama)

Bagikan:

SUMSEL - Peristiwa kebakaran hutan dan lahan (karhutla) kembali terjadi di Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU), Sumatra Selatan (Sumsel). Kali ini menghanguskan lahan seluas 20 hektare (ha) pada Selasa 17 Oktober siang.

"Peristiwa karhutla terjadi siang tadi sekitar pukul 12.00 WIB," kata Manager Pusdalops Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) OKU Gunalfi di Baturaja, Selasa 17 Oktober, disitat Antara.

Adapun lahan pertanian yang terbakar terletak di Kelurahan Batukuning, Kecamatan Baturaja Barat, yang berada persis di dekat Taman Sakura.

Menurut informasi di lapangan, disebutkan bahwa api diduga berasal dari puntung rokok yang dibuang warga sembarangan hingga memicu karhutla.

Dalam melakukan pemadaman pihaknya menerjunkan puluhan personel dan satu unit mobil tangki air ke lokasi kebakaran. Proses pemadaman sedikit mengalami kendala, karena akses jalan menuju lokasi kebakaran sulit dilalui kendaraan roda empat.

"Belum lagi angin kencang membuat api cepat membesar dan merambat ke lahan di sekitarnya, sehingga sulit dipadamkan," katanya.

Namun, lanjut dia, berkat kerja keras Tim Satgas Karhutla yang berjibaku di lapangan, akhirnya api berhasil dipadamkan sekitar pukul 16.00 WIB.

"Saat ini petugas kami masih di lapangan untuk melakukan proses pendinginan guna mengantisipasi titik api muncul kembali," ujarnya.

Dalam kesempatan tersebut, Gunalfi kembali mengingatkan agar masyarakat lebih bijak dan berhati-hati dengan tidak membuang puntung rokok di sembarang tempat, terutama di lahan kering yang mudah terbakar.

"Karena hampir rata-rata peristiwa karhutla di Kabupaten OKU disebabkan oleh kelalaian masyarakat yang membuang puntung rokok sembarangan," tandasnya.