Setelah Restoran, Michelin Bakal Lakukan Penilaian Terhadap Hotel: Tolak Ukurnya Kenyamanan hingga Arsitektur
Ilustrasi. (Unsplash/iSAW Company)

Bagikan:

JAKARTA - Jika tidak ada perubahan, Michelin Guide yang sudah melakukan penilaian terhadap restoran-restoran terbaik di dunia, akan melakukan penilaian terhadap hotel-hotel di dunia, dengan penghargaan pertama akan diberikan awal tahun depan.

Jika dalam menilai restoran Michelin memberikan bintang, maka hotel akan memeroleh kunci berdasarkan beberapa kriteria, termasuk arsitektur, individualitas, layanan, kenyamanan dan harga.

Sebuah tim telah bekerja untuk membuat seleksi awal terhadap 5.300 hotel dari 120 negara di dunia.

Gwendal Poullennec, direktur internasional Michelin Guide mengatakan, dia dan timnya ingin menciptakan "referensi tepercaya" yang membantu wisatawan menelusuri beragam hotel secara online.

"Pengguna menghabiskan rata-rata 10 jam di depan layar untuk mempersiapkan perjalanan dan berkonsultasi dengan lebih dari 10 platform. Ini adalah sebuah tantangan," katanya, melansir The National News 6 Oktober.

Diluncurkan pada tahun 1900 oleh pembuat ban asal Prancis, Michelin Guide awalnya untuk memberikan masukan praktis kepada orang-orang yang mengendarai kendaraan bermotor pertama di negara itu.

Pada tahun 1920, mereka mengenakan biaya untuk buku panduan yang berisi daftar hotel di Paris dan restoran yang dipecah menjadi beberapa kategori.

Saat ini, Michelin Guide menghasilkan sebagian besar uangnya melalui rujukan dari situs webnya, dengan mengambil satu euro per reservasi.

Hotel akan membayar komisi sebesar 10 hingga 15 persen kepada Michelin untuk pemesanan melalui situsnya, kata Poullennec, seraya menjelaskan tim editorial dan penjualan akan beroperasi secara independen.

Semua hotel tersebut, baik yang mendapatkan kunci atau tidak, akan dapat dipesan melalui situs web Michelin Guide.

Michelin belum merinci apakah sebuah hotel bisa mendapatkan lebih dari satu kunci. Sedangkan dalam pemeringkatan restoran, ada bintang 1 hingga tiga, di mana semakin banyak bintangnya semakin baik.

Diketahui, Poullennec mengambil alih Michelin pada tahun 2018, tahun yang sama ketika grup tersebut membeli Tablet Hotels, sebuah situs Amerika yang menawarkan penginapan hotel butik di seluruh dunia.

Antarmuka pemesanan dan database hotel di situs ini, kini menjadi portal di situs Panduan Michelin di mana konsumen dapat menelusuri pilihan akomodasi yang telah dikurasi – sebagian besar memiliki restoran dengan peringkat Michelin – dan melakukan reservasi.

Langkah untuk menentukan peringkat hotel merupakan upaya yang telah lama direncanakan, untuk menangkap lebih banyak pasar perjalanan pada saat belanja konsumen dan persaingan di sektor ini berada pada titik tertinggi sepanjang masa.

Michelin mengatakan peringkat hotelnya, seperti halnya restoran, akan ditentukan secara ketat oleh tim pemeriksa yang tidak disebutkan namanya.

Dan, tim Michelin membayar tagihan restoran mereka, kata Poullennec, sehingga tidak ada "bias komersial".