Kominfo Tegaskan Layanan Internet 5G Kencang di MotoGP Mandalika 2023
Ilustrasi. Ajang ARRCC yang digelar di Sirkuit Mandalika, NTB. (Antara-Akhyar Rosidi)

Bagikan:

JAKARTA - Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) memastikan layanan internet generasi kelima (5G) beroperasi kencang dalam mendukung ajang MotoGP di Sirkuit Mandalika, Nusa Tenggara Barat (NTB).

“Kami sudah siapkan jaringan internet,” kata Direktur Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Usman Kansong di Jimbaran, Kabupaten Badung, Bali, Kamis 12 Oktober, disitat Antara.

Ia menjelaskan, Kominfo menggandeng operator telekomunikasi untuk mendukung layanan internet kencang di kawasan tersebut.

Menurut dia, layanan internet dilaksanakan melalui Direktorat Jenderal Penyelenggaraan Pos dan Informatika (PPI) Kominfo.

Selain memastikan layanan internet kencang, Kominfo juga memastikan optimalisasi layanan frekuensi selama ajang balap motor kelas dunia yang berlangsung 13-15 Oktober 2023.

Layanan frekuensi itu dilaksanakan melalui Direktorat Jenderal Sumber Daya dan Perangkat Pos dan Informatika (SDPPI) Kominfo.

“Yang satu urus internet dari PPI, dan yang satu urus frekuensi untuk komunikasi dengan radio dan alat handy talky. Itu perlu frekuensi jangan sampai mengganggu penerbangan, itu harus diatur,” ucapnya.

Usman menambahkan Kominfo juga mendukung publikasi ajang MotoGP kepada masyarakat melalui siaran pers dan pemberitaan.

Sementara itu, persiapan pelaksanaan balap motor kelas dunia itu sudah mencapai 100 persen.

Begitu juga dengan kebutuhan logistik balap motor dunia itu sudah dikirim ke Lombok, baik melalui laut dan udara dengan estimasi kargo mencapai sekitar 525 ton.

Di sisi lain, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno mengatakan perhelatan seri MotoGP di Indonesia menjadi daya tarik bagi wisatawan karena diperkirakan berlangsung ketat dengan persaingan antarpembalap.

"Jadi MotoGP ini kali kedua Indonesia menjadi tuan rumah dan akan menjadi sangat menarik karena di penghujung musim balapan kali ini perbedaan angka antara dua pembalap tertinggi itu sangat dekat," kata Sandiaga.

Sementara itu, Kepala Dinas Pariwisata NTB Jamaludin Malady mengatakan, tiket MotoGP 2023 sudah terjual 91 persen dari total tiket sebanyak 69.800 tiket dan diperkirakan permintaan akan terus meningkat.