Udara Relatif Aman, Pemkot Jambi Umumkan Sekolah Kembali Belajar Tatap Muka Mulai 11 Oktober
Wali Kota Jambi Syarif Fasha saat memainkan masker kepada siswa sekolah dasar di daerah tersebut, Selasa (5/9/2023). (ANTARA/HO-Diskominfo Kota Jambi)

Bagikan:

JAMBI - Pemerintah Kota Jambi mengumumkan sekolah kembali melaksanakan kegiatan belajar mengajar secara tatap muka mulai 11 Oktober 2023, setelah beberapa hari melangsungkan pembelajaran jarak jauh (PPJ) akibat kabut asap.

"Berdasarkan laporan hasil analisa dan evaluasi mendalam dari Gugus Tugas Kesiapsiagaan dan Kewaspadaan Pencegahan dan Pengendalian Dampak Kabut Asap Kota Jambi serta menimbang kondisi aktual saat ini relatif sudah kondusif dan aman untuk pelaksanaan belajar mengajar di sekolah," kata Kepala Dinas Kominfo Kota Jambi Abu Bakar di Jambi, Antara, Selasa, 10 Oktober. 

Untuk itu, Wali Kota Jambi memutuskan mengembalikan kegiatan pembelajaran secara tatap muka di sekolah bagi siswa didik tingkat PAUD hingga SMP sederajat, negeri maupun swasta di Kota Jambi, terhitung mulai 11 Oktober 2023.

Keputusan terbaru tersebut tertuang dalam Edaran Wali Kota Jambi Nomor 20/EDR/HKU/2023 tanggal 10 Oktober 2023 tentang Pelaksanaan Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) pada satuan pendidikan di Kota Jambi.

Edaran terbaru ini secara otomatis membatalkan edaran yang telah terbit sebelumnya tentang Perpanjangan Pemberlakuan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) secara daring bagi pelajar sekolah yang berlaku selama tiga hari hingga 11 Oktober 2023.

"Dengan keluarnya edaran terbaru ini, maka Edaran Wali Kota Jambi Nomor 19/EDR/HKU/2023 tanggal 8 Oktober dicabut dan dinyatakan tidak berlaku lagi. Anak-anak esok hari Rabu (11/10) silahkan kembali belajar seperti biasa di sekolah masing-masing," katanya.

Walaupun telah berlaku pembelajaran di sekolah, Abu mengingatkan kepada satuan pendidikan dan peserta didik untuk tetap menaati ketentuan yang berlaku dalam edaran terbaru tersebut.

Pemkot Jambi mengimbau bagi peserta didik, guru dan tenaga kependidikan untuk tetap menggunakan masker, serta mengurangi aktivitas luar ruangan.

Abu menjelaskan bahwa Pemkot Jambi tetap menyiagakan semua potensi yang diperlukan dalam upaya penanganan kabut asap di Kota Jambi, serta akan senantiasa memperbarui informasi kepada masyarakat.

Pemkot Jambi memantau perkembangan kondisi asap serta memperbarui informasi kepada masyarakat. Diharapkan bencana kabut asap segera hilang dan semua kembali berjalan normal seperti semula.