Ustaz Maaher Dimakamkan di Pesantren Milik Yusuf Mansyur
Ustaz Maaher At Thuwailibi alias Soni Ernata (Foto: @ustadzmaheer_)

Bagikan:

JAKARTA - Ustaz Maaher At Thuwailibi alias Soni Ernata meninggal dunia sekitar puku 19.00 WIB kemarin, di Rumah Tahanan Bareskrim Polri. 

Kuasa hukum Maaher, Juju Purwantoro menyebut rencananya hari ini Maaher akan dimakamkan di Pesantren Darul Qur'an milik ustaz Yusuf Mansyur.

"Ustaz Maaher akan dimakamkan hari ini pukul 10.00 WIB di pesantres Ustaz Yusuf Mansyur, Darul Qur'an, daerah Tangerang," kata Juju kepada VOI, Selasa, 9 Februari.

Juju menuturkan, Maaher meninggal karena sakit yang dideritanya. Kata dia, Maaher sebelumnya sempat dirawat di rumah sakit Polri, Kramatjati, Jakarta Timur selama lima hari.

"Kira-kira dua Minggu lalu beliau juga baru pulang dari RS Polri Kramatjati dirawat sekitar 5 hari," ujarnya.

Sementara, Kadiv Humas Polri Irjen Argo Yuwono mengungkapkan Maaher sempat mengeluh sakit sebelum proses pelimpahan tahap dua yakni tersangka dan barang bukti ke Kejaksaan. 

“Sebelum tahap 2 yang bersakutan mengeluh sakit. Kemudian, petugas rutan termasuk tim dokter membawanya ke RS Polri Kramat Jati. Setelah diobati dan dinyatakan sembuh yang bersangkutan dibawa lagi ke Rutan Bareskrim,” tuturnya.

Usai tahap dua dalam perkara dugaan ujaran kebencian SARA terhadap Habib Luthfi bin Yahya, Ustaz Maaher kembali mengeluh sakit. 

“Petugas rutan dan tim dokter menyarankan agar dibawa ke RS Polri tapi yang bersangkutan tidak mau sampai akhirnya meninggal dunia. Soal sakitnya apa tim dokter yang lebih tahu,” pungkas Argo.