Kabar Gembira Datang dari Dunia Konservasi Indonesia, Anak Badak Sumatera Lahir di Taman Nasional Way Kambas
Satu ekor anak badak Sumatera (Dicerorhinus sumatrensis) berjenis kelamin betina kembali lahir dari induk bernama Ratu. (Dok. Biro Humas KLHK)

Bagikan:

JAKARTA - Badak Sumatera, atau juga dikenal sebagai badak berbulu, adalah salah satu hewan paling langka di dunia. Dengan populasi yang semakin menurun, badak ini menjadi salah satu spesies yang sangat terancam punah.

Namun ada kabar gembira datang dari dunia konservasi Indonesia terkait badak Sumatera. Satu ekor anak badak Sumatera (Dicerorhinus sumatrensis) berjenis kelamin betina kembali lahir dari induk bernama Ratu di Suaka Rhino Sumatera Taman Nasional Way Kambas (SRS TNWK), pada hari Sabtu, 30 September 2023, pukul 01.44 WIB.

“Ini anak ketiga Badak Ratu, Alhamdulillah, “ tulis pesan singkat Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya Bakar yang diterima VOI, Sabtu, 30 September.

5

Ia juga menjelaskan jika kabar ini tentu menjadi berita bahagia, tidak hanya untuk masyarakat Indonesia tetapi juga dunia.

“Saya memberikan apresiasi setinggi-tingginya kepada pihak-pihak yang terlibat dalam kelahiran badak Sumatera ini,” sambungnya.

Ia pun berharap pihaknya dapat terus mendapat kabar bahagia dari kelahiran-kelahiran badak sumatera dan satwa dilindungi lainnya di masa depan.

Dengan kelahiran anak badak Ratu ini menambah jumlah badak yang ada di SRS TNWK menjadi sembilan ekor. Ini juga membuktikan komitmen Pemerintah Republik Indonesia dalam melakukan upaya konservasi badak di Indonesia, khususnya badak sumatera, dan tentu saja satwa dilindungi lainnya.