Bagikan:

BANDA ACEH - Tim Laboratorium Forensik Polda Sumatera Utara menyelidiki penyebab kebakaran yang menghanguskan puluhan rumah dan rumah toko di Kabupaten Simeulue, Aceh.

Kapolres Simeulue AKBP Sujoko mengatakan Tim Labfor Polda Sumut sudah berada di lokasi guna melakukan olah tempat kejadian perkara (TKP).

"Kami bekerja sama dengan Tim Labfor Polda Sumut untuk mengungkap apa penyebab kebakaran tersebut. Semoga hasil penyelidikan kami dapat memberikan jawaban yang dibutuhkan masyarakat Simeulue," katanya dilansir ANTARA, Rabu, 27 September.

Tim tersebut, kata Kapolres, melakukan penyelidikan forensik menyeluruh, mencari bukti, dan menganalisis sumber kebakaran tersebut. Tujuannya untuk menentukan penyebab kebakaran dan membantu dalam upaya penyelidikan yang sedang berlangsung.

"Pihak berwenang di Kabupaten Simeulue juga memberikan dukungan penuh penyelidikan ini dan siap bekerja sama dengan Tim Labfor Polda Sumatera Utara," kata Sujoko.

Sebelumnya, sebanyak 23 unit rumah dan rumah toko di Desa Suka Jaya, Kecamatan Simeulue Timur, Kabupaten Simeulue, hangus terbakar, Minggu (24/9), pukul 03.20 WIB.

Sementara itu, Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Simeulue Zulfadli menyatakan kerugian akibat kebakaran menghanguskan 23 rumah dan toko tersebut mencapai Rp18,3 miliar.

"Untuk angka pasti, masih dalam pendataan. Akan tetapi, perkiraan sementara kerugian akibat kebakaran tersebut mencapai Rp18,3 miliar," kata Zulfadli.

Dia menyebutkan BPBD Kabupaten Simeulue telah menyalurkan bantuan masa panik serta menyediakan tenda darurat kepada 25 kepala keluarga dengan 87 jiwa yang terdampak kebakaran tersebut.

"Bantuan juga mengalir dari TNI dan Polri. Selain itu, Dinas Sosial Kabupaten Simeulue telah mendirikan tenda darurat untuk pengungsi kebakaran. Kami terus memantau kondisi para korban," kata Zulfadli.

Kabupaten Simeulue merupakan wilayah kepulauan terluar di Provinsi Aceh. Pulau Simeulue berada di Samudera Hindia yang jaraknya sekitar 180 mil laut dari pesisir barat Pulau Sumatera.

Kabupaten Simeulue merupakan pemekaran dari Kabupaten Aceh Barat sejak tahun 1999. Kabupaten Simeulue memiliki delapan kecamatan dengan 135 gampong atau desa yang dihuni sekitar 80 ribuan jiwa.