RS KPJ Kuching Perkenalkan Pembedahan Robotik Pertama Wilayah Borneo
Foto: Dok. RS KPJ Kuching

Bagikan:

JAKARTA - RS KPJ Kuching baru-baru ini memperkenalkan teknologi terkini dalam pembedahan lutut yang dikenal sebagai Robotic Surgical Assistance (ROSA). Ini menjadikan RS KPJ Kuching sebagai rumah sakit pertama di Wilayah Borneo yang menyediakan layanan ini.

ROSA dirancang khusus untuk membantu ahli bedah tulang yang telah terlatih secara khusus dalam menyesuaikan penempatan implan lutut pada pasien yang menjalani operasi penggantian lutut, yang juga dikenal sebagai Total Knee Replacement (TKR).

Dr. Lee adalah seorang ahli bedah ortopedi di RS KPJ Kuching yang rutin menjalani hampir 300 operasi penggantian lutut setiap tahun, termasuk untuk pasien dari Indonesia. Beliau berbagi beberapa informasi tentang manfaat pembedahan menggunakan teknologi robotik ini.

"Dengan penggunaan ROSA, kami dapat meningkatkan presisi dan akurasi penempatan implan, serta mengurangi risiko selama operasi. Ini juga memberikan pengalaman yang lebih aman bagi spesialis bedah tulang dalam mengatasi kasus yang rumit," ungkap Dr. Lee, dikutip Selasa 26 September.

“Selain itu, teknologi ini juga memberikan banyak manfaat kepada pasien internasional, karena mereka dapat mengharapkan tingkat masa inap yang lebih singkat di Malaysia, sekaligus mempercepat proses penyembuhan.” tambah Dr. Lee.

Nurhazimah sebagai Kepala RS KPJ Kuching, juga menekankan bahwa teknologi robotik ini memberikan pasien beberapa pilihan perawatan penggantian lutut. Harga operasi penggantian lutut dengan bantuan robotik di RS KPJ Kuching dimulai dari Rp90 jutaan.

RS KPJ Kuching merupakan salah satu tujuan utama bagi pasien internasional yang mencari perawatan kesehatan. Hal ini disebabkan oleh lokasinya yang strategis dan biaya perawatan yang terjangkau. Ditambah pula dengan pembukaan laluan langsung.

Selain itu, di RS KPJ Kuching juga memiliki tim khusus yang melayani kebutuhan pasien internasional termasuk second opinion, estimasi harga, antar jemput dari hotel ke rumah sakit, perpanjangan visa dan banyak lagi.