Pascakebakaran, Museum Nasional Ditutup, Tiket yang Sudah Dibeli Bisa Dikembalikan
Pintu Museum Nasional ditutup pascakebakaran/ Foto; Rizky Sulistio/ VOI

Bagikan:

JAKARTA - Pasca peristiwa kebakaran yang terjadi, Museum Nasional Indonesia (MNI) akan melakukan penutupan sementara aktivitas museum. Penutupan dilakukan hingga batas waktu yang belum ditentukan.

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Badan Layanan Umum Museum dan Cagar Budaya (BLU MCB), Ahmad Mahendra mengatakan, sebagai langkah pencegahan tambahan, MNI akan sementara ditutup sampai ada pemberitahuan lebih lanjut.

Sementara informasi lebih lanjut mengenai tiket yang telah dibeli masyarakat, sambung Mahendra, akan dikembalikan karena ada keadaan kahar (peristiwa kebakaran).

"Karena keadaan kahar ini, tiket yang telah dibeli akan dikembalikan. Informasi lebih lanjut mengenai proses pengembalian dana akan disampaikan segera setelah kami memiliki panduan yang lebih jelas," katanya dalam keterangan resmi yang diterima VOI, Minggu, 17 September.

Mahendra meminta pengertian dari masyarakat atas langkah yang diambil oleh pihaknya.

"Tujuannya adalah untuk memastikan keselamatan dan keamanan pengunjung," ucapnya.

Sementara sesuai instruksi Mendikbudristek, BLU MCB telah membentuk tim khusus yang bertanggungjawab merawat dam mengamankan benda - benda sejarah dan budaya yang terdampak kebakaran pada Sabtu, 16 September.

"Investigasi terus dilakukan untuk menentukan penyebab pasti kebakaran ini. Kami berkomitmen untuk terus berbagi temuan investigasi dengan publik seiring perkembangannya," ujarnya.

Hingga pagi tadi, Minggu 17 September, tumpukkan sisa material bangunan yang terbakar di Gedung Blok A, ruang pamer koleksi Museum Nasional atau Museum Gajah, Jalan Medan Merdeka Barat, Kecamatan Gambir, Jakarta Pusat, masih mengeluarkan asap pada Minggu, 17 September. Kepulan asap sisa kebakaran masih terjadi pada pukul 10.30 WIB.

"Masih proses pendinginan di TKP. Karena masih ada asap yang keluar dari tumpukkan material bara sisa kebakaran," ujar salah satu petugas pemadam kebakaran di depan Museum Nasional, Kecamatan Gambir, Jakarta Pusat.

Dari pantauan VOI di lokasi kebakaran, terlihat masih ada 2 unit mobil pemadam kebakaran. Mobil tersebut terparkir di belakang gedung Museum Nasional. Petugas masih melakukan penyiraman di area objek yang terbakar api.

"Masih penyiraman untuk melakukan proses pendinginan api, karena masih muncul asap," tambahnya.